Berita Madura

Punya Nilai Sejarah, Kampung Belanda di Krampon Sampang Bakal Jadi Objek Wisata Berkonsep Heritage

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura terus melakukan pengembangan pembentukan wisata Kampung Belanda yang berada di Desa Krampon, Kecamatan T

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Ndaru Wijayanto
Pemkab Sampang
Salah satu bangunan di Kampung Belanda, yang berada di Desa Krampon, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, Madura. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hanggara Pratama

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura terus melakukan pengembangan pembentukan wisata Kampung Belanda yang berada di Desa Krampon, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, Madura.
Hal itu dilakukan karena Kampung Belanda dinilai memiliki potensi wisata yang tinggi, mengingat nilai sejarahnya di sisi bangunan yang hingga saat ini tetap berdiri kokoh.
Sejauh ini, Disporabudpar Sampang telah menggelar sidang rekomendasi bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, pada akhir Juli 2022 kemarin.
Tujuannya untuk mengkaji bangunan Kampung Belanda, apakah layak atau tidak sebagai cagar budaya. 
"Setelah melalui sidang rekomendasi bersama BPCB, Kampung Belanda di Desa Krampon, dinyatakan layak menjadi obyek wisata," kata Kasi Adyatama Parekraf Muda Disporabudpar Sampang, M. Syahroni, Selasa (16/8/2022)
M. Syahroni menambahkan, pasca dilakukan penetapan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama antara Pemkab Sampang dengan PT. Garam, mengingat kawasan Kampung Belanda berada Kompleks PT. Garam.
Kemudian, bangunan di Kampung Belanda kurang lebih ada 100 unit bangunan dan nantinya konsep wisata yang akan digunakan adalah heritage.
"Kalau sudah masuk benda cagar budaya tidak ada perubahan artinya bangunan akan dibiarkan sebagaimana aslinya, itu nantinya yang kita tawarkan ke wisatawan" jelasnya.
Maka dari itu, pihaknya berharap Kampung Belanda dapat memberikan daya tarik kepada wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sampang.
Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Bahari.
"Sementara dari pihak Pemdes Krampon, sudah terbentuk pokdarwis dan berkas-berkasnya pun sudah di serahkan ke Disporabudpar," pungkasnya.
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved