Berita Mojokerto

Ribuan Pendaki Bakal Kibarkan Bendera Merah Putih 400 Meter di Puncak Gunung Penanggungan Mojokerto

Bendera merah putih sepanjang 400 meter akan dibentangkan saat upacara HUT RI ke-77 di Puncak Gunung Penanggungan Kecamatan Trawas, Mojokerto

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Ndaru Wijayanto
ISTIMEWA
Ribuan pendaki saat melangsungkan upacara kemerdekaan HUT RI di puncak Gunung Penanggungan sebelum Pandemi Covid-19, pada Tahun 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mohammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Bendera merah putih sepanjang 400 meter akan dibentangkan saat upacara HUT RI ke-77 di Puncak Gunung Penanggungan Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Ribuan pendaki diprediksi membludak untuk melangsungkan upacara Hari Kemerdekaan di puncak Gunung Penanggungan, pada Rabu 17 Agustus 2022 besok.

Sekretaris LMDH Sumber Lestari, Khoirul Anam menjelaskan setidaknya ada tiga lokasi upacara bendera dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan di Gunung Penanggungan.

Ketiga lokasi tersebut ialah pengibaran bendera 400 meter di puncak Penanggungan, puncak bayangan dan puncak Gunung Bekel.

"Kegiatan dipuncak Penanggungan dikoordinir tiga komunitas yaitu Team Stress Adventure, di Puncak Bayangan koordinator Indonesia Egel dan dua melalui jalur Tamiajeng. Sedangkan, Gunung Bekel via jalur Seloliman," ungkapnya," Selasa (16/8/2022).

Baca juga: 17 Agustus 2020, Bendera Merah Putih 1000 Meter Bakal Berkibar di Puncak Gunung Penanggungan

Rencananya Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati akan memberangkatkan langsung ribuan pendaki yang akan mengikuti upacara HUT RI dan membentangkan bendera berukuran 400 meter di Gunung Penanggungan.

Pihak pengelola pun telah menyiapkan  ratusan personel atau Rescue dari Welirang Community, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU, Bagana, SAR Penanggungan, Tagana Kabupaten Mojokerto, BPBD dan mobil siaga untuk keamanan ribuan pendaki tersebut.

Nantinya, petugas rescue akan stanby di beberapa pos pendaki mulai dari pos 2, pos 3, pos 4, puncak Bayangan hingga puncak Penanggungan.

Dia memperkirakan akan ada 4.000 pendaki yang akan mengikuti upacara di Gunung Penanggungan.

"Diprediksi pendaki mencapai sekitar 4000 orang dari berbagai jalur menuju puncak Penanggungan namun paling banyak melewati jalan Tamiajeng," ucap Khoirul.

Menurut dia, jalur pendakian Gunung Penanggungan paling banyak dilalui pendaki adalah dari Desa Tamiajeng
Kecamatan Trawas. 

"Kalau favorit memang jalur via Tamiajeng ini karena lebih landai sehingga bisa untuk pendaki pemula," terangnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved