Hari Kemerdekaan

Berikut ini 7 Negara Tak Punya Hari Kemerdekaan, Ada Negara Tetangga Indonesia

Untuk itu, ini rangkuman 7 negara tak punya hari kemerdekaan, sehingga mereka juga tidak pernah merayakan hari kemerdekaannya.

Editor: Sudarma Adi
Kompas.com
Peta dunia 

TRIBUNJATIM.COM - Sebagian besar negara yang eksis di dunia ini pernah merasakan masa penjajahan yang terjadi sejak abad pertengahan.

Maka tak heran, negara-negara itu, termasuk Indonesia, memiliki hari kemerdekaan, sebagai tanda peringatan bebas dari penjajahan.

Di Indonesia, peringatan hari kemerdekaan tiap 17 Agustus, adalah momentum untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari para penjajah.

Baca juga: Arti Dirgahayu yang Biasa Dipakai di Hari Kemerdekaan RI, Ini Contoh Pengucapan yang Salah & Benar

Biasanya peringatan Hari Kemerdekaan di Indonesia akan ditandai dengan hari libur nasional dan melaksanakan upacara bendera di detik-detik kemerdekaan negara Indonesia pada pukul 10.00 pagi.

Namun ternyata di dunia ada beberapa negara yang tak punya hari kemerdekaannya dan tidak pernah merayakan hari kemerdekaannya sama sekali.

Untuk itu, ini rangkuman 7 negara tak punya hari kemerdekaan, sehingga mereka juga tidak pernah merayakan hari kemerdekaannya.

Baca juga: Cara Warga Kampung Kelahiran Bung Karno Peringati Hari Kemerdekaan, Ziarah ke Blitar

Simak penjelasannya berikut ini:

1.Prancis
Prancis sebagai salah satu negara yang tidak memiliki hari kemerdekaannya, karena Prancis adalah negara yang berbentuk kerajaan dan pernah bergabung dengan kerajaan Inggris lalu berpisah menjadi negara sendiri.

Walaupun memutuskan berpisah dari kerajaan Inggris, Prancis sebenarnya memiliki kedaulatannya sendiri bahkan saat masih bergabung dengan kerajaan Inggris.

Sehingga tak ada kata kemerdekaan bagi Prancis, karena mereka sudah berdaulat sejak lama, namun Prancis memiliki hari nasional yang disebut sebagai Bastille Day.

2.Spanyol
Spanyol tak punya hari kemerdekaannya dan tidak pernah merayakannya, karena negara Spanyol memperingati perjalanan Christopher Colombus pada tahun 1492.

Perjalanan ini secara tidak sengaja menemukan benua Amerika.

Penemuan luar biasa ini kemudian mengundang para penjajah Spanyol untuk menyerang benua tersebut atas nama bangsa Spanyol.

3.Thailand
Negara yang bertetangga dengan negara Indonesia ini ternyata tak memiliki hari kemerdekaannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved