Berita Surabaya

Buruan Daftar, Ada Beasiswa untuk Belasan Ribu Siswa SMA Sederajat di Surabaya, Begini Syaratnya

Pemkot Surabaya kembali membuka pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 2 jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Kuotanya, mencapa seitar 12 rib

TRIBUNJATIM.COM/BOBBY KOLOWAY
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat bersama sejumlah anak-anak pemain skateboard di Skate & BMX Park Surabaya beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya kembali membuka pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 2 jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Kuotanya, mencapa sekitar 12 ribu siswa. 

”Bagi yang membutuhkan, siswa SMA di Surabaya sederajat silakan mengajukan beasiswa. Pendaftaran dibuka akhir Agustus. Segera daftarkan diri kalian,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Sabtu (27/8/2022).

Sekalipun jenjang SMA menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, namun Pemkot tetap memberikan intervensi demi program wajib belajar 12 tahun.

Nantinya, program beasiswa tersebut akan melengkapi program dari pemerintah pusat maupun Pemrov. 

”Target kami, tidak ada lagi pemuda Surabaya yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan sekolahnya,” tegas pria yang kini sedang menempuh program doctoral jurusan Pengembangan Sumber Daya Manusia Unair ini.

Berada di bawah kewenangan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disporapar) Surabaya, pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 Agustus sampai 7 September 2022.

”Ini melanjutkan seleksi program beasiswa gelombang pertama lalu,” kata Kepala Disbudporapar Surabaya Wiwiek Widayati dikonfirmasi terpisah. 

Sebelumnya, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya gelombang 1 (17-24 Juni 2022) sebanyak 1.421 siswa. Sedangkan untuk gelombang kedua mencapai 11.994 siswa.

”Kami saring MBR-nya dan studinya karena ada yang tidak mengisi secara lengkap di aplikasi,” katanya.  

”Sehingga, kami tidak tahu detail profil penerima beasiswa itu, makanya diperlukan seleksi administrasi ini, kalau sudah administrasinya, lalu kita umumkan yang lolos,” kata Wiwiek.

Kepala Bidang Kepemudaan, Disbudporapar Surabaya, Pudji Astuti, menjelaskan bahwa pendaftaran beasiswa ini tidak jauh beda dari gelombang 1. Pendaftaran beasiswa itu dilakukan melalui online di laman besmart.surabaya.go.id.

Harapannya, kualitas lulusan SMA/SMK/MA sederajat terus meningkat. ”Beasiswa itu merupakan bantuan biaya pendidikan.

Nantinya, masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu perbulan, terhitung sejak diputuskan,” katanya.

Pudji Astuti juga menjelaskan, calon penerima beasiswa bisa mengajukan dengan memenuhi beberapa persyaratan.

Di antaranya, kartu identitas Surabaya (KK/KTP/ Kota Surabaya) yang sedang menempuh jenjang pendidikan SMA/SMK/MA negeri/swasta atau sederajat, melampirkan rapor terakhir.

Selanjutnya memiliki kesehatan yang memadai, dan mengisi form dan mengunggah file dokumen pada aplikasi Besmart, yaitu besmart.surabaya.go.id.

Sedangkan untuk layanan informasi bisa menghubungi di nomor 082132870798 atau bisa juga melalui Instagram di akun: @besmart.disbudporaparsby. Layanan informasi itu akan dilayani pada pukul 08.00-16.00 WIB.

“Jadi, buruan daftarkan diri kalian mumpung waktunya masih ada. Jangan sia-siakan peluang ini,” pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved