Berita Kota Malang

Tekan Inflasi, TPID Gelar Operasi Pasar di Kota Malang, Akan Dilanjutkan Bergilir Seminggu Sekali

Untuk menekan inflasi, TPID menggelar operasi pasar di Kota Malang, rencananya akan dilanjutkan bergilir satu minggu sekali.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Purwanto
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang menggelar operasi pasar di Kuburan Londo, Sukun, Kota Malang, Senin (29/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifky Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) secara nasional, yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, TPID Kota Malang menggelar operasi pasar di Kuburan Londo Sukun, Kota Malang, Senin (29/8/2022).

Elfiatul Roikah, Bagian Perekonomian Infrastruktur dan SDA TPID Kota Malang mengatakan, dengan adanya operasi pasar ini, diharapkan warga dapat memperoleh sembako dengan harga yang lebih terjangkau.

Serta menindaklanjuti arahan presiden di masing-masing daerah, khusunya Kota Malang dalam menekan inflasi.

"Jadi hasil dari rakornas itu yang kami tindak lanjuti untuk menjadi dasar dalam penyelenggaraan operasi pasar ini," ucapnya.

Dia mengatakan, saat ini kondisi inflasi secara nasional maupun daerah, telah melebihi dari target yang telah ditentukan.

Oleh sebab itu, masing-masing daerah diminta untuk melakukan pengendalian inflasi agar tidak meningkat secara signifikan.

TPID Kota Malang pun kemudian melakukan koordinasi dengan tim untuk melakukan verifikasi ke lapangan dengan melihat harga dan suplai barang di pasaran.

Dari situlah, kemudian operasi pasar digelar setelah melihat hasil identifikasi di lapangan.

"Karena ini baru pertama kali, kami uji coba dulu. Nanti selanjutnya insyaallah akan kami lanjutkan satu minggu sekali bergilir gitu ya di titik-titik lain sampai Desember. Insyaallah nanti ada 63 titik lokasi," terangnya.

Dia mengatakan, dalam operasi pasar tersebut, TPID Kota Malang juga akan melihat respons dari masyarakat.

Selain itu, TPID juga akan melihat ketersediaan produk di lapangan agar tidak terjadi kelangkaan.

"Kita lihat respons hari ini kalau memungkinkan kita akan naikkan lagi jumlahnya dan kami akan berhitung di angka berapa kita bisa mengintervensi. Karena kalau inflasi kan ada intervensi di produk, jadi jumlah produknya, lalu intervensi harga, dan chanel distribusi," tandasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Malang

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved