Berita Surabaya

Atasi Masalah Bau di Stadion GBT Jelang Piala AFC U-20, Pemkot Pasang Geoembran di TPA Benowo

Pemkot Surabaya memastikan tak ada bau sampah di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pemkot saat ini telah tuntas memasang geomembran di Tempat Pembuangan

Pemkot Surabaya
Pemkot Surabaya memastikan tak ada bau sampah di kawasan Stadion GBT. Pemkot saat ini telah tuntas memasang geomembran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang lokasinya tak jauh dari GBT. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya memastikan tak ada bau sampah di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Pemkot saat ini telah tuntas memasang geomembran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang lokasinya tak jauh dari Stadion GBT

Pemasangan geomembran telah dilakukan sejak pertengahan tahun lalu di seluruh lokasi TPA. "Penutupan (dengan) membran sekarang sudah 100 persen. 

Itu yang sudah kita lakukan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro di Surabaya, Selasa (6/9/2022). 

Dengan tuntasnya pemasangan geomembran, diharapkan bisa menekan bau sampah yang ditimbulkan. "Ini menjadi salah satu startegi kami," kata Hebi.

Di samping itu, pihaknya juga menyemprotkan Effective Microorganisme (EM)  6. Sehingga, proses penguraian secara alami bisa lebih cepat. "EM6 ini bukan kimia, tapi organik," katanya. 

Baca juga: Catatan FIFA untuk GBT Jelang Persiapan Piala Dunia U-20, Bau dari TPA Benowo Jadi Sorotan

Selain dia strategi yang telah dilakukan, Pemkot juga sedang membangun buffer zone atau kawasan penyangga TPA Benowo. Bentuk buffer zone ini berkonsep hutan yang mengelilingi TPA Benowo.

Sehingga, bau sampah akan terperangkap di hutan buatan tersebut. "Ini masih kita kerjakan. Buffer akan memiliki panjang 500 meter, ini baru satu shaft. Kalau buffer zone memang terkait tanaman. Akan tampak (pemandangan) mungkin setelah 2 tahun setelah ditanam," katanya.

Berbagai strategi tersebut ditargetkan selesai sebelum perhelatan Kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023 yang digelar pada tanggal 14-18 September 2022. 

Masalah bau tidak sedap yang sebelumnya ditimbulkan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo menjadi salah satu yang menjadi perhatian pemkot. 

"Jadi, komitmen pemkot tidak bau untuk GBT. Bau harus hilang terutama pada saat pertandingan AFC U-20," kata Hebi. 

Pemkot Surabaya menjamin penyelenggaraan Piala AFC U-20 di Stadion GBT berlangsung dengan nyaman. Pihaknya berkoordinasi dengan pengelola TPA. 

"Sudah ada jaminan itu. Pengelola dari TPA benowo bersurat ke kami bahwa mereka menjamin selama pelaksanaan AFC U-20 berlangsung, juga tidak bau," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa Stadion GBT telah ditunjuk sebagai tuan rumah  pertandingan Grup F Kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023. Grup ini akan diisi oleh Timnas Indonesia U-20, Hongkong, Vietnam dan Timor Leste.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved