Berita Surabaya

Catatan FIFA untuk GBT Jelang Persiapan Piala Dunia U-20, Bau dari TPA Benowo Jadi Sorotan

Stadion Gelora Bung Tomo mendapatkan catatan dari FIFA jelang Piala Dunia U-20. Termasuk persoalan bau TPA yang ikut disorot

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar
Istimewa/ Pemkot Surabaya
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri acara Kejuaraan Soeratin 2022 U-13 dan U-15, di Gelora Bung Tomo (GBT), Rabu lalu (24/8/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya memastikan memberikan atensi soal catatan FIFA tentang fasilitas di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Terus dikebut, Pemkot memastikan seluruh pengerjaan bisa selesai tepat waktu.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan, perbaikan bukan hanya untuk menghadapi Piala Dunia yang akan berjalan tahun depan. Namun, juga Piala AFC U-20 2023 pada 14 - 18 September 2022.

"Kami sudah rapat dengan PSSI. Bahwa sudah sesuai dengan progressnya. GBT juga sudah siap untuk Piala AFC," kata Wali Kota di Surabaya, Sabtu (27/8/2022).

Menurutnya, perbaikan akan dilakukan hingga awal September mendatang. "Timeline kita, (perbaikan) berakhirnya di tanggal 9 September. Maka 14 September akan dimulai AFC," tegasnya.

Untuk diketahui, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan menjadi lokasi ajang kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 14 - 18 September 2022. Berada di Grup F, Timnas Indonesia U-20, akan berada satu grup dengan Hongkong, Vietnam dan Timor Leste.

Baca juga: Sempurnakan VAR, FIFA Gunakan Sistem Pendeteksi Offside di Piala Dunia 2022, Begini Cara Kerjanya

Menanggapi soal isu pembatalan GBT sebagai lokasi Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang, Eri Cahyadi masih cukup optimistis Kota Pahlawan tetap menjadi lokasi penyelenggaraan. "Kalau yang itu (soal pembatalan) kami belum dapat surat resminya," katanya.

Sejauh koordinasi dengan PSSI, pihaknya menegaskan bahwa proses persiapan Piala Dunia U-20 masih berlanjut. "Soal kami ditunjuk dalam Piala Dunia juga dari PSSI. Kalau batal, harusnya ada surat," kata Mas Eri.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan tanggapan terkait ada kabar bahwa Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, batal untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Mengutip BOLASPORT.COM (grup Kompas Gramedia), Iwan menjelaskan belum ada kepastian dari FIFA terkait batalnya Stadion GBT menjadi salah satu venue ajang bergengsi sepak bola usia muda sedunia itu.

Namun, Iwan mengakui bahwa FIFA memberikan sejumlah catatan. Hal ini merupakan tindaklanjut atas kunjungan FIFA saat meninjau enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2023, salah satunya Stadion GBT.

Catatan itu yang harus segera dibenahi. Sehingga, Piala Dunia U-20 2023 digelar pada Mei-Juni tahun depan bisa berjalan optimal.

Terkait GBT, catatan FIFA yang pertama terkait lalu lintas menuju ke Stadion GBT. Kedua, masalah bau dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA)Benowo.

Selanjutnya, pembangunan tangga lapangan dan juga penambahan genset cadangan. Menurut FIFA, genset cadangan wajib ada untuk backup jika suatu saat nanti digunakan.

FIFA juga memberikan catatan seperti adanya pemasangan permanen area kamera, penambahan area difabel.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved