Berita Jatim

Libatkan Ribuan Warga Desa, Program Merdeka Heppiii Jatim Tampilkan Beragam Karya dan Kegiatan Unik

Dengan melibatkan ribuan warga desa, Program Merdeka Heppiii Jatim menampilkan beragam karya dan kegiatan yang unik

Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Program Merdeka Heppiii yang digelar oleh Hepppiii Community Jawa Timur untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Program Merdeka Heppiii yang digelar oleh Heppiii Community Jatim (Jawa Timur) yang dimulai sejak pertengahan Agustus berakhir pada 3 September pekan lalu.

Sebanyak 125 desa mengikuti program ini dengan menampilkan berbagai kegiatan unik yang melibatkan ribuan warga setempat.

Program Merdeka Heppiii merupakan bagian dari upaya ratusan desa yang tergabung dalam Heppiii Community di Jatim untuk menampilkan berbagai potensi ekonomi dan kreativitas warga desanya. Kegiatan ini juga untuk meramaikan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77.

Pembina Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengapresiasi apa yang dilakukan oleh ribuan warga dari 125 desa tersebut. Kata dia, berbagai keseruan tersaji dalam program Merdeka Heppiii.

"Merdeka Heppiii juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan di antara warga desa yang tergabung dalam Heppiii Community. Selain potensi desa yang bisa dimunculkan, momentum ini juga menjadikan masyarakat makin guyub dan tambah rukun serta menumbuhkan semangat nasionalisme," kata Ronald Theo Lesmana, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Heppiii Community Kelurahan Pilang Probolinggo Mulai Gencar Promosikan Kopi Mangrove ke Swalayan

Kegiatan yang diinisiasi oleh Karang Taruna ( Karta ) Desa Heppiii Community ini acaranya sangat beragam dan digelar secara massal. Seperti pagelaran wayang kulit, festival reog di Jember, pagelaran budaya di Situbondo, bazar UMKM di Jombang dan Probolinggo serta hiburan musik rakyat.

"Beberapa karta menggelar bakti sosial dengan khitan massal yang melibatkan ratusan orang di Sidoarjo. Ada juga undian jalan sehat, lomba senam ibu-ibu, kemudian panggung hiburan di Bojonegoro," ungkapnya.

Karta lainnya juga terus menghidupkan kesenian tradisional seperti menampilkan musik angklung di acara kemerdekaan, kemudian lomba gobak sodor di Probolinggo. Di Madiun digelar karnaval yang diikuti ratusan warga desa berhadiah hewan ternak.

"Di berbagai daerah juga banyak digelar baksos dengan memberikan sembako kepada warga sekitar. Kemudian sejumlah daerah menggelar pengajian umum sebagai penutup Merdeka Heppiii," jelasnya.

Baca juga: Heppiii Community Bagikan Ribuan Sembako Murah di 20 Kabupaten Kota di Jatim Lewat Pasar Heppiii

Ronald Theo Lesmana berharap kegiatan Merdeka Heppiii dapat terus digelar dan menjadi sarana bagi warga desa untuk menunjukkan potensinya. Di era komunikasi yang semakin terbuka, masyarakat desa punya kesempatan yang sama untuk mengoptimalkan kemampuannya, sehingga desa-desa Heppiii Community semakin maju dan warganya semakin sejahtera.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved