Berita Jatim

Hasil Survei Terbaru ARCI, Lima Parpol di Jawa Timur Ini Berpotensi Bersaing Ketat di Pemilu 2024

Hasil survei terbaru yang dilakukan ARCI, lima partai politik di Jawa Timur ini berpotensi bersaing ketat di Pemilu 2024.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Dwi Prastika
Kolase Istimewa/TribunJatim.com
Kolase logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI Perjuangan - Hasil survei terbaru yang dilakukan ARCI, lima partai politik di Jawa Timur ini berpotensi bersaing ketat di Pemilu 2024. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Persaingan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Golkar dan Demokrat berpotensi kembali terjadi di Pemilu 2024.

Setidaknya, hal ini ditunjukkan dari hasil survei terbaru yang dirilis Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI)

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt dalam paparan survei peta elektoral Jawa Timur menjelaskan bagaimana persaingan lima parpol ini cukup kompetitif. Di bursa papan atas, kelima parpol cukup mendominasi. 

Jika Pemilu dilakukan saat ini, elektabilitas PKB berada di 16,8 persen, PDI Perjuangan 16,1 persen dan Gerindra 15,4 persen.

Selanjutnya disusul Partai Golkar 10,2 persen, dan Partai Demokrat 9,7 persen.

"PKB masih jadi parpol dengan elektabilitas tertinggi di Jatim. Namun, angkanya dengan PDIP cukup ketat," kata Baihaki Sirajt di Surabaya, Senin (19/9/2022). 

Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt saat memaparkan hasil surveinya di Surabaya, Senin (19/9/2022).
Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt saat memaparkan hasil surveinya di Surabaya, Senin (19/9/2022). (TribunJatim.com/Yusron Naufal)

Survei ini dilakukan pada periode 5-12 September 2022 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 1.200 responden dan memiliki toleransi kesalahan 2,8 persen. 

Baihaki Sirajt menjelaskan, temuan yang menarik adalah pergerakan partai tengah. Di mana elektabilitas Partai Golkar saat ini telah menyentuh dua digit. Kondisi ini menambah persaingan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved