Berita Kabupaten Madiun

Perubahan APBD 2022 Kabupaten Madiun Disetujui, Fokus Penekanan Inflasi pasca Kenaikan Harga BBM

Perubahan APBD 2022 Kabupaten Madiun telah disetujui, difokuskan untuk penekanan inflasi pasca kenaikan harga BBM.

TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra
Pemerintah Kabupaten Madiun bersama DPRD Kabupaten Madiun menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Madiun Tahun Anggaran 2022, Rabu (21/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Madiun Tahun Anggaran 2022 telah disetujui Pemerintah Kabupaten Madiun bersama DPRD Kabupaten Madiun.

Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono mengatakan, fokus anggaran pada APBD Perubahan 2022 adalah untuk menekan inflasi, setelah naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). 

Kenaikan harga BBM tersebut berdampak pada ikut terkereknya harga bahan pokok di pasaran.

"Anggaran pada APBD Perubahan 2022 difokuskan pada stunting dan inflasi. Dengan fokus program itu, inflasi di Kabupaten Madiun jangan sampai di atas nasional," kata Fery Sudarsono usai memimpin rapat paripurna Pengambilan Keputusan Bersama DPRD dan Bupati Madiun tentang Raperda Perubahan APBD 2022, Rabu (21/9/2022).

Untuk menekan inflasi, kata Fery Sudarsono, pada APBD Perubahan 2022, Dinsos Kabupaten Madiun telah diberikan anggaran untuk membantu warga terdampak kenaikan harga BBM seperti difabel, lansia hingga anak-anak yatim piatu. 

Agar tidak tumpang tindih, bantuan tersebut diberikan kepada warga yang belum mendapatkan bantuan dari dana desa maupun anggaran dari pemerintah pusat.

"Bisa diberikan dalam bentuk barang seperti bahan pokok makanan. Kalau bentuk uang tunai khawatirnya akan dibelanjakan untuk kebutuhan yang tidak diperlukan," lanjutnya.

Setelah pengambilan keputusan bersama, dokumen APBD Perubahan 2022 tersebut langsung dikirim ke Gubernur Jawa Timur.

Nantinya Gubernur Jawa Timur akan memberikan evaluasi dan perbaikan dalam APBD 2022 perubahan itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved