Berita Lamongan

Kisah Haru Penyerahan Hak Wali Nikah di Lapas Kelas IIB Lamongan, Isak Tangis Langsung Pecah

Suasana haru mewarna prosesi pernikahan seorang putri, warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Lamongan.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Prosesi penyerahan hak wali nikah dari Moch Suud kepada petugas KUA Deket di Lapas Kelas IIB Lamongan, Kamis (22/9/2022) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Suasana haru mewarna prosesi pernikahan seorang putri, warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Lamongan.

Meski orang tua calon mempelai putri, Moch Suud masih harus melanjutkan hidup di Lapas, namun putrinya juga tetap harus melangsungkan pernikahan dengan seorang lelaki pilihannya.

Ini adalah proses perwalian untuk si putri. Calon pengantin putri harus bertandang ke Lapas Kelas IIB jalan Sumargo Lamongan dimana orang tuanya sementara hidup untuk mendapat restu hak perwalian.

Ia membutuhkan seorang wali, yakni sang bapak, Moch Suud. Namun sayangnya, orang tua calon pengantin putri ini tidak bisa mendampingi putrinya saat akad nikah, lantaran masih menjalani masa hukuman.

Hari yang paling membahagiakan bagi putrinya itu berubah haru, tangis Suud pecah saat mempercayakan dan menyerahkan putrinya pada seorang wali nikah dari petugas KUA Kecamatan Deket.

Sang putri tak kuasa manahan tangis, ia sedih karena bapaknya masih menjalani hukuman di Lapas tak bisa secara langsung jadi wali untuk menikahkan dirinya.

Baca juga: 10 Ribu Lebih Buku Nikah Kedaluwarsa Dimusnahkan Kemenag Blitar: Sejak Menteri Agama Suryadharma Ali

Namun mau tidak mau, WBP Moch Suud harus mengikhlaskan putrinya dengan wali yang ditunjuknya yakni petugas KUA Deket.

Suud mendampingi putrinya juga dengan mengenakan pakaian seadanya, celana tiga perempat, kaos oblong warna hitam dan memakai sandal jepit.

Kasi Binadik & Giatja Lapas Kelas IIB Lamongan, Dwi Ahmad S mengungkapkan bahwa, Lapas memberikan fasilitas pada masyarakat dengan tetap berpedoman pada aturan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved