Berita Jatim

NasDem Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Pengamat Sebut Bisa Jadi Pemantik Deklarasi Kubu Lain

Keputusan Partai NasDem yang secara resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres untuk Pilpres 2024 dinilai akan berpengaruh

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Yusron Naufal Putra
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diusung jadi capres 2024 oleh Partai NasDem 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Keputusan Partai NasDem yang secara resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres untuk Pilpres 2024 dinilai akan berpengaruh terhadap poros partai politik yang lain.

Sebab, NasDem dikenal sebagai poros partai tengah yang cukup memiliki kekuatan. Belum lagi nama Anies yang sejauh ini konsisten bertengger di papan atas hasil sejumlah survei.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam berpendapat setidaknya dengan deklarasi Anies oleh NasDem berpeluang memantik poros lain turut melakukan hal yang sama. Tak terkecuali PDI Perjuangan.

"Karena Partai NasDem selama ini kan menjadi salah satu kekuatan poros tengah politik kita yang cukup diperhitungkan dan selalu bersama PDI Perjuangan dalam pemerintahan Jokowi," kata Surokim, Senin (3/10/2022).

Keberanian Partai NasDem mendahului PDI Perjuangan dinilai akan punya efek terhadap konstelasi koalisi ke depannya.

Sekalipun partai berlambang kepala banteng dapat mengusung sendiri tapi nampaknya butuh penguatan parpol lain untuk pembentukan poros nasionalis.

Baca juga: Partai Nasdem Umumkan Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Kader di Tuban Yakin Sosoknya Bisa Diterima

"Saya pikir situasi ini akan kian membuat dinamis konstelasi koalisi ke depannya termasuk koalisi yang dibangun PDI Perjuangan," tambahnya.

Sebelumnya, Partai NasDem telah mendeklarasikan calon presiden (capres) yang bakal diusung pada Pilpres 2024, Senin (3/10/2022). Deklarasi nama capres tersebut digelar di Kantor DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Partai NasDem resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan jadi calon presiden pada Pilpres 2024. "NasDem mencari yang terbaik dari yang terbaik, NasDem akhirnya melihat sosok Anies Baswedan," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dikutip dari Tribunnews.com

Menurut Surya Paloh, pihaknya meyakini dalam persepektif baik secara makro maupun mikro telah sejalan dengan apa yang partainya yakini. "Kami menitipkan bangsa Indonesia jika Anies Baswedan terpilih. Pimpinlah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih bermartabat bangsa yang mampu membentuk karakter," ucap Surya Paloh.


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved