Berita Lamongan

Mulai Hari Minggu Besok Pasar Hewan Lamongan Dibuka, Diharapkan Dapat Tumbuhkan Perekonomian

Informasi yang melegakan bagi para peternak dan pedagang sapi di Lamongan, sebab Pemkab memastikan mulai Minggu (9/10/ 2022) kembali dibuka

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Pasar Hewan Tikung Lamongan yang akan dibuka kembali mulai besuk Minggu (9/10/2022) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Informasi yang melegakan bagi para peternak dan pedagang sapi di Lamongan, sebab Pemkab memastikan mulai Minggu (9/10/ 2022) besok pasar hewan di wilayah Lamongan kembali dibuka.

Dibukanya kembali Pasar Hewan tersebut karena pengendalian penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak sudah berhasil dikuasai, dan terdata hewan ternak yang sembuh dari PMK sudah di atas 60 persen dengan cakupan vaksin sudah mencapai 62 persen.

“Pembukaan kembali pasar hewan ini tentu dilandasi kondisi ternak yang sudah sembuh dan vaksin yang sudah memenuhi,” tutur Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ummuronah, Sabtu (8/10/2022).

Ummuronah menambahkan, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lamongan yang merupakan hasil rapat koordinasi bersama Asisten Ekonomi dan Pembangunan, diputuskan bahwa Pasar Hewan di Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan sudah bisa dibuka.

"Minggu besuk resmi dibuka, " kata Ummuronah.

Baca juga: Angka Kesembuhan Ternak Meningkat, Pemkab Malang Beberkan Skema Pembukaan Pasar Hewan

Dikatakan, setelah dilakukan rapat koordinasi persiapan pembukaan Pasar Hewan di Lamongan, sepakat Pasar Hewan kembali setelah 5 bulan ditutup.

Meskipun sudah berhasil mengendalikan PMK bahkan mampu menuntaskan kasus PMK atau zero case PMK, Lamongan tidak lengah. Dan harus tetap menegakkan kebijakan mencegah kenaikan angka PMK.

Pembukaan Pasar Hewan di Lamongan pun dibarengi ketentuan yang ketat untuk mendukung operasional pasar tetap berlangsung, diantaranya rutin menyemprotkan disinfektan ke seluruh lokasi pasar hewan, tetap menjalankan vaksinasi pada ternak, peternak harus membawa sapi yang sehat, serta pelaku ekonomi di pasar diwajibkan mengenakan masker.

“Kami turunkan syarat dan ketentuan pada pembukaan kembali Pasar Hewan di Lamongan, baik kepada ternak maupun peternak yang akan beraktifitas di pasar, " ungkapnya seraya menambahkan agar Forkopimcam terus melibatkan diri memonitoring dan evaluasi ke unit masing-masing.

Ia berharap dibukanya Pasar Hewan ini akan menumbuhkan ekonomi di Lamongan. "Tumbuhnya ekonomi tersebut dipastikan akan menunjang kesejahteraan peternak yang sempat mengalami kerugian atas adanya wabah ini, " pungkasnya.


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved