Berita Malang

Angka Kesembuhan Ternak Meningkat, Pemkab Malang Beberkan Skema Pembukaan Pasar Hewan

Angka kesembuhan ternak di Kabupaten Malang yang terus meningkat membuat Pemkab Malang berencana membuka kembali pasar hewan.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/ERWIN WICAKSONO
Pasar hewan di Gondanglegi Kabupaten Malang sebelum penutupan 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG- Angka kesembuhan ternak di Kabupaten Malang yang terus meningkat membuat Pemkab Malang berencana membuka kembali pasar hewan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Eko Wahyu Widodo menerangkan pembukaan pasar hewan terlebih dahulu akan dilakukan uji coba.

Uji coba dilakukan pada 16 pasar hewan di seluruh Kabupaten Malang. Kabarnya, pekan depan uji coba pembukaan pasar hewan bakal digelar

"Skema uji coba pembukaan pasar dilakukan sekali dalam seminggu dengan hari pasaran yang telah ditentukan. Perihal jamoperasional pasat dilakukan pada pukul 06:00 pagi hingga pukul 12:00 siang," beber Eko ketika dikonfirmasi.

Eko menjelaskan jika uji coba pembukaan pasar hewan akan dipantau secara ketat oleh berbagai instansi.

Baca juga: Pasar Hewan Tulungagung Dibuka Kembali, Harga Sapi Sudah Alami Kenaikan hingga Rp 2 Juta

"Pengamanan dan pemantuan akan dilakukan petugas gabungan dari  TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, Disperindag dan Dinas Peternakan," ucapnya.

Di sisi lain, Eko mencatat tingkat kesembuhan ternak dari penyakit mulut dan kuku di Kabupaten Malang saat ini mencapai 98 persen.

"Perihal vaksinasi pertama sudah mencapai 100 persen pada jenis sapi perah. Sebanyak 56.900 ekor. Nah 71,9 persen dari jumlah tersebut atau sebanyak 40.967 ekor sapi perah telah divaksin hingga dosis kedua,"

"Sedangkan untuk sapi potong saat ini mencapai 48,7 persen alias sebanyak 32.903 ekor sapi yang sudah divaksin, dari target sebanyak 67.500 ekor sapi potong," jelas Eko.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved