Berita Malang

Hari Jadi Kabupaten Malang Ke-1262, Maju Sejahtera Bersama Malang Makmur

Pemkab Malang menggelar upacara Peringatan Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang bertema 'Maju Sejahtera Bersama Malang Makmur' di halaman Pendopo Agung.

Editor: Taufiqur Rohman
Istimewa
PENYERAHAN - Bupati Malang Sanusi menyerahkan potong tumpeng kepada ketua DPRD Darmadi dalam rangkaian hari jadi kabupaten malang ke -1262. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemkab Malang menggelar upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262 bertema 'Maju Sejahtera Bersama Malang Makmur' di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (28/11).

Bupati Malang sekaligus inspektur upacara, Muhammad Sanusi mengatakan Kabupaten Malang dapat lebih maju dan sejahtera.

"Semoga di usia yang semakin matang ini Kabupaten Malang dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan, serta menjadi pengayom dan pelindung seluruh lapisan masyarakat demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bersama Malang makmur," ujar Sanusi.

Sanusi mengakui pendidikan di Kabupaten Malang masih mendapat penilaian rapor merah.

"Semoga pendidikan di Kabupaten Malang tahun ini bisa mendapat rapor hijau," ungkapnya.

Pemkab menggandeng Universitas Brawijaya (UB) dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk pembangunan perguruan tinggi di Kabupaten Malang.

"UB sepakat akan memindahkan seluruh program S1 ke Kecamatan Kepanjen. Tahun pertama akan dibangun lima fakultas," imbuhnya.

Sanusi mengungkapkan Kabupaten Malang mendapat 29 pernghargaan pada 2022.

"Saya berterima kasih dan memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap unsur penyelenggara pemerintahan, para pemangku kepentingan, dan seluruh masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Malang," tuturnya.

Pemkab berusaha menekan angka stunting. Sesuai data Bulan Timbang Februari 2018, stunting di Kabupaten Malang mencapai 20 persen.

Tapi, dalam Bulan Timbang Agustus 2022, angka stunting sebesar 7,8 persen.

Di bidang pariwisata, Kabupaten Malang memiliki 22 desa wisata. Bahkan Desa Wisata Pujon Kidul mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kategori Desa Mandiri Inspiratif, Desa Sanankerto meraih Juara III Kategori Desa Daya Tarik Wisata, Desa Wisata Sanankerto ikut dalam ASEAN Rural Development and Poverty Eradication Awards ke-5 Tahun 2022.

Di bidang pembangunan infrastruktur, pembangunan Jembatan Pelangi menjadi penghubung ruas jalan GondanglegiPantai Balekambang.

Jembatan di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur ini mempermudah akses wisatawan ke pantai di sepanjang pesisir Malang Selatan,
Di bidang investasi dan penanaman modal, penanaman modal tahun 2022 sampai Triwulan III mencapai lebih dari Rp 8 triliun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved