Berita Surabaya

Hasil Survei Terbaru ARCI: Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Jatim, Ini Sebabnya

Elektabilitas Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengalami tren kenaikan di Jawa Timur yakni berada di angka 21,

(KOMPAS/WAWAN H PRABOWO(KOMPAS/WAWAN H PRABOWO )
Prabowo Subianto usai menggunakan hak pilihnya di TPS 02, RT 02 RW 09, Kampung Curuk, Bojong Koneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/4/2014). Hasil Survei Terbaru ARCI pada akhir 2022: Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Jatim, Ini Sebabnya 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Elektabilitas Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengalami tren kenaikan di Jawa Timur yakni berada di angka 21,9 persen.

Dengan angka ini, Prabowo berada di urutan pertama dan unggul tipis dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (20,1 persen) yang juga punya peluang maju Pilpres 2024.

Hal ini menjadi hasil temuan survei terbaru yang digelar oleh lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) periode November 2022 di wilayah Jawa Timur.

Adapun survei ARCI ini melibatkan 1.200 responden dengan menggunakan metode multistage random sampling dan margin of error sebesar 2,8 persen.

Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt dalam paparannya menjelaskan, berdasarkan survei itu elektabilitas Prabowo saat ini memang terekam unggul di Jawa Timur.

"Elektabilitas Prabowo di Jawa Timur tertinggi," kata Baihaki, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Kisah Mita Sasmita, 2 Kali Jadi Volunteer Indonesia di Piala Dunia: Pernah Dibelikan Tiket Prabowo

Jika dibanding hasil survei ARCI periode September sebelumnya, elektabilitas Prabowo di Jawa Timur terbilang merangkak naik.

Sebab, saat itu elektabilitas Prabowo terekam berada di angka 21,7 persen. Menurut Baihaki, tingginya elektabilitas Prabowo dalam hasil survei terbarunya disebabkan beberapa hal.

Di antaranya, masyarakat cenderung telah mengenal Prabowo. Disamping itu, keunggulan Prabowo lantaran Ganjar yang merupakan kader PDI Perjuangan hingga saat ini belum ada kepastian mengenai tiket maju Pilpres. Hal ini dinilai cukup berpengaruh.

"Tren Prabowo sebenarnya stagnan meski ada kenaikan sedikit," tambah Baihaki.

Disisi lain, survei ARCI juga merekam elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berada di posisi ketiga dengan 16,7 persen menempel Prabowo dan Ganjar diatasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved