Berita Jatim

Tes Tulis Rampung, Akhir Pekan Ini KPU Gelar Seleksi Wawancara Rekrutmen PPK Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum telah merampungkan tahapan tes tulis dalam rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024

istimewa
Salah satu lokasi tes tulis rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 di Jawa Timur 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum telah merampungkan tahapan tes tulis dalam rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 di seluruh wilayah di Jawa Timur. Selama dua hari hingga, Rabu (7/12/2022) kemarin, tes tulis berbasis komputer telah rampung digelar. 

Komisioner Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim Rochani mengatakan, mulai hari ini hingga dua hari ke depan pengumuman hasil penetapan peserta lolos seleksi tulis akan dilakukan oleh masing-masing kabupaten/kota. 

Sebab, begitu rampung tes tulis KPU di masing-masing daerah telah melakukan pleno untuk menetapkan peserta berdasar nilai tertinggi untuk diambil paling banyak tiga kali dari kebutuhan kecamatan. 

Baca juga: Secara Maraton Gelar Bimtek Kader DP3, KPU Jatim: Wujudkan Kualitas Partisipasi Pemilu 2024

"Selanjutnya akan dilakukan tahapan wawancara selama tiga hari mulai tanggal 11,12, dan 13 Desember 2022. Jadwalnya akan diatur oleh KPU Kabupaten/kota," kata Rochani saat dikonfirmasi dari Surabaya, Kamis (8/12/2022). 

Sementara itu, berdasarkan hasil monitoring KPU Jatim pelaksanaan tes tulis di berbagai wilayah di Jawa Timur disebut relatif lancar. Bahkan, peserta terdampak erupsi Gunung Semeru Lumajang juga tetap bisa mengikuti sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Baca juga: Mbak Cicha: PKK Kediri Harus Kompak dan Memiliki Komunikasi yang Bagus di Depan Publik

Menurut Rochani hal tersebut berdasarkan pantauan tiga belas tim yang diturunkan KPU Jatim untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tes tulis calon PPK.  

Di Kabupaten Lumajang, lanjut Rochani, KPU setempat berkoordinasi dengan Kepolisian dan Pemda untuk membantu evakuasi kehadiran peserta tes tulis ke tempat pelaksanaan CAT, bagi mereka yang terkendala akses dan mobilitas.

“Peserta yang berasal dari daerah terdampak erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dapat mengikuti tes sesuai jadwal,” terang Rochani

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved