Berita Madura

Manfaat Program UHC, Sakit saat Kunjungi Anak di Balikpapan, Ibu asal Sampang Berobat Gratis ke RS

Program Health Converage (UHC) yang telah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Ndaru Wijayanto
ISTIMEWA
Ibu asal Desa Kodak, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang saat berbaring lemas di salah satu Rumah Sakit berlokasi di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, (13/12/2022). Manfaat Program UHC, Sakit saat Kunjungi Anak di Balikpapan, Ibu asal Sampang Berobat Gratis ke RS 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hanggara Pratama

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Program Health Converage (UHC) yang telah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura, benar-benar dirasakan oleh warga Kota Bahari yang tengah berada di luar Kota/Daerah.

Program yang bekerja sama dengan BPJS untuk pengobatan gratis tersebut dirasakan oleh Nurul Astutik (50) asal Desa Kodak, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang saat jatuh sakit di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Awalnya, kedatangan Nurul Astutik ke Balikpapan untuk menjenguk anaknya yang tengah bekerja.

Namun, saat berada di Balikpapan tiba-tiba sakit sehingga dilarikan ke salah satu Rumah Sakit (RS) setempat, bahkan dirawat di ruang ICU karena kondisinya kritis.

"Hasil diagnosa, Nurul Astutik menderita kadar gula tinggi hingga menyebabkan gangguan pernafasan," kata salah satu keluarga di Kecamatan Torjun, Sampang, Salam (37), Rabu (14/12/2022).

Ia menambahkan, di tengah kebingungan akan biaya untuk pengobatan, keluarga bergegas mencari informasi bantuan.

Akhirnya, mendapatkan jalan keluar dengan menggunakan program UHC guna mendapatkan layanan pengobatan gratis.

"Saat itu pihak keluarga yang ada di Sampang segera datang ke Puskesmas Torjun untuk mendaftarkan ke program UHC," terang Salam.

Terpisah Kepala Puskesmas Torjun, dr. Budi menyampaikan langkah yang saat itu dilakukan saat keluarga datang ke Puskesmas Torjun, segera mendaftarkan pasien ke UHC sehingga tak berapa lama telah aktif kepesertaan program UHC.

"Dengan adanya program UHC ini saya pastikan, masyarakat yang memiliki e-KTP Sampang, bisa berobat dimanapun meski di luar daerah," pungkasnya

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved