Berita Malang

Dalam Sehari, PMK Malang Evakuasi 2 Ular Sanca Kembang di Rumah Warga, Panjang Hewan hingga 4 Meter

Dalam sehari, sudah dua warga Malang laporan ke PMK gara-gara di rumahnya ada ular sanca sepanjang 3-4 meter.

TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Evakuasi ular Sanca Kembang sepanjang 3 meter yang masuk ke dalam kandang ayam di Jalan Sisingamangaraja Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dalam kurun waktu sehari, Tim Rescue Semut Ireng milik UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang melakukan evakuasi hewan dua ular sanca.

Kepala UPT PMK Kota Malang, Teguh Budi Wibowo mengatakan, kejadian pertama terjadi pada Sabtu (21/1/2023) pagi di Jalan Sisingamangaraja Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing.

"Sekitar pukul 05.10 WIB, kami mendapat laporan dari warga bahwa ada ular yang masuk ke dalam kandang ayam. Dari laporan tersebut, kami memberangkatkan enam personel dan satu unit mobil Rescue Semut Ireng ke lokasi," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (22/1/2023).

Setelah tiba di lokasi, petugas langsung melakukan asesmen untuk bisa mengambil tindakan yang tepat.

"Kami langsung menyisir area kandang, dan ternyata posisi ular sudah berada di pojok kandang ayam. Setelah kami lihat, ternyata ular itu berjenis Sanca Kembang atau Malayopython reticulatus dan memiliki panjang sekitar 3 meter," jelasnya.

Dengan memakai alat pencapit (grab), petugas langsung menghentikan gerakan ular.

Baca juga: Selama Dua Minggu, Damkar Lamongan Tangkap 10 Ular Besar Masuk Rumah Warga, Ada 2 Penyebabnya

Petugas lain yang bersiaga langsung menahan tubuh ular, sambil menarik keluar hewan tersebut.

"Karena memang posisi yang tidak terlalu sulit, petugas hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk melakukan evakuasi. Setelah berhasil dikeluarkan, ular itu langsung kami masukkan ke wadah yang telah disiapkan dan kami amankan ke Mako UPT PMK Kota Malang," terangnya.

Tak lama berselang, di hari yang sama Tim Rescue Semut Ireng milik UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang ternyata kembali mendapat laporan untuk melakukan evakuasi ular.

"Untuk kejadian kedua, terjadi di Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Lowokwaru sekitar pukul 10.42 WIB.
Saat itu, kami mendapat laporan adanya ular berada di bawah rumah salah satu warga," ungkapnya.

Setelah tiba di lokasi, ternyata ular Sanca Kembang atau Malayophyton Reticulatus dengan panjang sekitar 4,5 meter itu sedang melilit di bawah rumah dan berada di antara tumpukan kayu.

Baca juga: Petugas Damkar Surabaya Tangkap Ratusan Ular Selama 2022, Hewan Liar Lainnya Juga Pernah

"Dengan memakai alat pencapit, ular itu kami tangkap dan kami evakuasi. Evakuasi memakan waktu lama, yaitu berlangsung sekitar 60 menit. Hal itu dikarenakan, kondisi medan yang sulit," jujurnya.

Setelah berhasil ditangkap, ular itu pun dimasukkan ke dalam wadah dan dibawa menuju Mako UPT PMK Kota Malang.

"Saat ini, kedua ular telah kami masukkan ke dalam kandang dan kami rawat. Apabila ada masyarakat yang ingin merawat dan memeliharanya, silahkan datang langsung ke Mako PMK Kota Malang,"

"Apabila tidak ada yang ingin merawatnya dan hewan itu dikenal berbahaya, maka akan kami serahkan ke Balai Konservasi. Namun apabila memang tidak berbahaya, setelah kondisi ular  tersebut tenang, akan kami lepas liarkan di habitat yang sesuai," tandasnya.

Baca juga: Ular Piton 2 Meter Bergelantung di Atap Parkiran Bank di Tuban, saat Dievakuasi Disahuti Minta ATM

Berita Malang lainnya

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved