TribunJatim/
Home »

Jatim

Pilgub Jatim 2018

Hadapi Pilgub Jatim yang Makin Dinamis, PAN Galang Koalisi Besar

Makin menarik! Kondisi politik yang makin dinamis membuat partai politik berupaya mengeluarkan kartu AS-nya.

Hadapi Pilgub Jatim yang Makin Dinamis, PAN Galang Koalisi Besar
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
(Kiri ke kanan) Gus Halim, Gus Ipul, dan Ketua DPW PAN Masfuk di kantor PAN Jatim, Jalan Darmo Kali, Surabaya, Kamis (15/6/2017) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPW Partai Amanant Nasional (PAN) Jatim akan menginisiasi pembentukan koalisi besar jelang Pilkada 2018 yang situasinya makin dinamis.

Tak hanya untuk pilkada tingkat provinsi yakni Pilgub Jatim, koalisi juga disiapkan untuk menghadapi Pilkada serentak di 18 kabupaten dan kota di Jatim.

Bendahara DPW PAN, Agus Maimun, mengatakan, sebagai partai poros tengah pihaknya tertarik untuk menginisiasi kemungkinan membentuk koalisi dalam lingkup luas.

Sebab, koalisi, menurut Agus menjadi salah satu kunci pemenangan di pilkada mendatang.

Baca: Ketua PWI ini Ambil Formulir Mendaftar di Hanura Pilkada Tulungagung

Berdasarkan mekanisme partainya, ada tiga variabel yang dijadikan pihaknya sebagai bahan pertimbangan dalam memilih calon.

Pertama, besaran survei. Kedua, perolehan kursi yang hubungannya dengan pembentukan koalisi antar partai. Ketiga, bergantung restu dari Dewan Pimpinan Partai (DPP).

"Ketiganya menjadi mekanisme yang saling berhubungan dan tak bisa dilepaskan begitu saja. Khususnya terkait koalisi dengan partai lain," ujarnya, kepada Surya, Senin (17/7/2017).

Baca: Sambut Cak Imin, Gus Ali Beri Warning Keras ini Untuk PKB

Desain koalisi tersebut, menurut Agus yang juga Ketua Fraksi PAN di DPRD Jatim ini dibuat untuk mengakomodasi pencalonan masing-masing kader partai di tiap daerah yang berpotensi.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help