TribunJatim/
Home »

Jatim

Dengan Pembentukan Tim Pora Jatim, Masyarakat Diimbau Segera Lapor Jika Ada WNA Mencurigakan

Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM, Irjen Pol Ronny Franky Sompie menuturkan sejumlah hal usai mengukuhkan Tim Pora Jatim.

Dengan Pembentukan Tim Pora Jatim, Masyarakat Diimbau Segera Lapor Jika Ada WNA Mencurigakan
TRIBUNJATIM.COM/PRADHITYA FAUZI
Dirjen Imigrasi dan Kemenkumham, Irjen Pol Ronny Franky Sompie Saat Diwawancarai Awak Media di Hotel Wyndham Surabaya Pada Selasa (14/11/2017) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Pradhitya Fauzi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dirjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM, Irjen Pol Ronny Franky Sompie menuturkan sejumlah hal usai memimpin kegiatan Pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Jatim.

Bilamana ada perusahaan yang mempekerjakan orang asing, lalu masyarakat mencurigai bahwa di perusahaan itu ada tenaga kerja asing ilegal, Ronny mempersilahkan bahkan mewajibkan masyarakat, untuk segera melapor ke Kepolisian, Kelurahan, Kecamatan, hingga Badan Keimigrasian setempat.

"Ya informasi ini bisa disampaikan pada Tim Pora, karena di Tim Pora ada Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi, Kabupaten, sampai Kota, kecuali di Kecamatan ya," terang Ronny.

Untuk di tingkat Kecamatan, mengharuskan untuk melaporkan ke Tim Pora tingkat Kabupaten/Kota, sebab di sana ada Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) yang bisa mengecek, apakah orang asing yang bekerja di sana memiliki izin atau tidak.

Sesuai Peraturan Pusat No 31 Tahun 2013 tentang pelaksanaan UU No 6 Tahun 2012 tentang Keimigrasian, di sana diatur bahwa Kepala Kantor Imigrasi harus membentuk Tim Pora sampai ke tingkat kecamatan, dengan maksud untuk mawadahi informasi-informasi dari masyarakat tentang adanya orang asing.

"Perusahaan yang mempekerjakan, yang memiliki izin mempekerjakan tenaga kerja asing atau tidak, juga dikroscek," lanjutnya.

Bilamana tak ada izin apapun, maka Kepolisian dapat melakukan proses penegakan hukum sesuai UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

"Di sana penyidik Polri bisa menangani kasus-kasus di bidang tenaga kerja termasuk orang asing, apalagi PNS di bidang ketenagakerjaan," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Pradhitya Fauzi
Editor: Alga Wibisono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help