Beri Pengakuan Mengejutkan ke Polisi, Sopir Dump Truk Maut Tetap Jadi Tersangka

Satlantas Polres Gresik menetapkan Suhardi, pengemudi dump truk sebagai tersangka, meski dia memberi pengakuan mengejutkan.

Beri Pengakuan Mengejutkan ke Polisi, Sopir Dump Truk Maut Tetap Jadi Tersangka
SURYA/SUGIYONO
Kondisi dump truk yang ringsek setelah menabrak dua tiga kendaraan di Pertigaan Bungah, Gresik dan menyebabkan dua orang tewas, Jumat (26/1/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Satlantas Polres Gresik menetapkan Suhardi, pengemudi dump truk sebagai tersangka.

Ini setelah dump truk yang dikemudikannya remnya blong dan menabrak tiga kendaraan roda empat dan sebuah motor di Pertigaan Bungah Jl Raya Bungah Gresik dan menyebabkan dua orang tewas.

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto mengatakan, penetapan sopir dump truk sebagai tersangka dalam kecelakaan tabrakan beruntun yang mengakibatkan dua orang meninggal itu seperti yang tertuang dalam Pasal Pasal 311 Undang-undsng lalu lintas dan angkutan jalan (UULLAJ).

Di pasal (1) dijelaskan, bahwa setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 3 juta.

Sementara pada ayat (4), bilamana mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta.

"Setelah menjadi tersangka, Suhardi si pengemudi truck yang rem blong harus mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai aturan dan hukum yang ada," tegasnya, Sabtu (27/1/2018).

Sementara, dua korban kecelakaan yaitu H Mohamad Kholili yang berboncengan dengan Sholihin, keduanya warga Desa Gumeng, Kecamatan Bungah akan mendapatkan santunan jasa raharja.

"Bagi korban laka dapat santunan Jasa Raharja," imbuhnya.

Tersangka Suhardi (48), warga Wonocolo Wonosari Kecamatan Gempol Pasuruan, pengemudi dump truk muatan tanah uruk seberat 35 ton tersebut mengatakan, sebelum kejadian dump truk baru saja diservis.

"Baru libur beberapa hari, setelah servis. Dan tidak ada firasat apa-apa. Ternyata langsung kena musibah dan terjadi kecelakaan maut ini," trangnya, di Kantor Satlantas Polres Gresik.

Halaman
12
Penulis: Sugiyono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help