Pilgub Jatim 2018

Temui Pengrajin Batik Lumajang, Mbak Puti Upayakan Pelajaran Membatik Masuk ke Pelajaran Sekolah

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno, bertemu pengrajin batik di Desa Tempeh Kidul

Temui Pengrajin Batik Lumajang, Mbak Puti Upayakan Pelajaran Membatik Masuk ke Pelajaran Sekolah
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno, berdialog dengan pengrajin batik di Desa Tempeh Kidul, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Selasa (13/3/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno, bertemu pengrajin batik di Desa Tempeh Kidul, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Selasa (13/3/2018).

Di sentra batik tersebut, Mbak Puti, sapaan akrab Puti Guntur Soekarno menyerap aspirasi dari para pengrajin batik demi mengembangkan Batik Lumajang.

Khaidar, Ketua Paguyuban Goeyoeb Roekoen Batik Loemadjang Sae berharap agar Mbak Puti bisa memasukkan pelajaran membatik ke dalam salah satu pelajaran di sekolah agar regenerasi pengrajin batik selalu ada.

"Agar lebih mencintai budaya sekitar karena batik ini budaya kita yang luar biasa dan sudah mendapatkan pengakuan UNESCO," ujar Khaidar.

Karena saat ini saja di Lumajang hanya terdapat 30 pengrajin batik di Lumajang.

Menanggapi hal tersebut, Mbak Puti, berjanji akan mengkomunikasikannya dengan pemerintah pusat.

Terlebih lagi, sebelumnya Mbak Puti merupakan anggota DPR RI Komisi X dua periode yang mengurusi pendidikan, pemuda, olahraga, dan wisata.

"Sebenarnya dari dulu saya pun juga ingin seperti itu, nanti akan coba kami komunikasikan dengan Mendikbud Pak Muhadjir," ucapannya.

Di situ Mbak Puti juga mendapatkan masukan dari warga agar membebaskan biaya sekolah karena banyak orang tua yang tidak mampu menyekolahkan anaknya.

Mbak Puti pun menegaskan bahwa dirinya bersama Calon Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mempunyai program yaitu Dik Dilan yang merupakan kependekan dari Pendidikan Gratis Dilanjutkan.

"Gus Ipul dan saya telah sepakat untuk menggratiskan kembali SMA/SMK Negeri yang dikelola Pemprov Jawa Timur. Ini diperlukan anggaran sekitar Rp 1,5 triliun," ucap Cucu Proklamator, Bung Karno ini.

Bahkan di bidang pendidikan agama, Mbak Puti mengatakan dirinya dan Gus Ipul punya program Madin Plus yang bertujuan untuk mengembangkan Madrasah Diniyah baik dari infrastruktur maupun kualitas sumberdaya pengajarnya dengan menyekolahkan para guru Madin sampai ke jenjang S1 bahkan S2.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved