Perjuangan dan Tantangan Luar Biasa Mahasiswa di Jember Agar Bisa Menghafalkan Alquran

Banyak cara yang dilakukan mahasiswa agar bisa mendapat bantuan akademik. salah satunya dengan hafal Alquran.

Perjuangan dan Tantangan Luar Biasa Mahasiswa di Jember Agar Bisa Menghafalkan Alquran
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Suasana seleksi mahasiswa penghafal alquran di Universitas Jember. 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) BRI memberikan bantuan uang akademik kepada mahasiswa Universitas Jember yang memiliki kemampuan menghafal Alquran.

Untuk menentukan mahasiswa yang berhak mendapatkan bantuan, pihak Universitas Jember dan YBM BRI melakukan seleksi di masjid Al Hikmah, Kampus Tegalboto, Kamis (12/4/2018).

“Hari ini kami memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa Universitas Jember yang mampu menghafal Alquran untuk mengikuti seleksi, syaratnya sudah hafal minimal satu juz,” ujar Dul Khalim, Kepala Biro I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni.

Maisya Syafirah, Cewek yang Hafal 30 Juz Alquran dan Jago Debat Bahasa Inggris

M Ainun Najib, Staf YBM BRI Kantor Wilayah Malang yang bertugas menyeleksi, menambahkan, setiap peserta bakal diuji hafalan, tajwid, serta kelancaran bacaannya.

Tiap peserta juga menjalani sesi wawancara dan pemeriksaan berkas, termasuk surat keterangan atau sertifikat hafal Alquran dari pondok pesantren, atau lembaga yang menaunginya.

“Mereka akan ditanya hafal juz berapa saja, lalu tim akan membacakan ayat tertentu yang wajib dilanjutkan oleh peserta,” jelasnya.

Dari para peserta seleksi pemberian bantuan kepada Hafidz atau penghafal Al Quran oleh BRI Jember, Bety Jannaty dan Inny Sa’adah adalah dua diantaranya.

Dinilai Bikin Semrawut, Ribuan Pengantar Jemaah Umrah di Bandara Juanda Akan Ditertibkan

Bety mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sedang Inny dari Program Studi Kimia FMIPA, mereka berdua adalah santri di Pondok Pesantren Al Husna.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help