Lebaran 2018

Enam Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto Sampai H-2 Lebaran, Penyebabnya ini

Selama arus mudik, setidaknya hingga H-2 Lebaran, sedikitnya sudah terjadi enam kali kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto (Jomo)

Enam Kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto Sampai H-2 Lebaran, Penyebabnya ini
Surya/Sutono
Antrean panjang kendaraan di gerbang tol (GT) Bandar, jelang exit tol Bandar, bagian dari ruas Tol Jombang-Mojokerto.(sutono) 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Selama arus mudik, setidaknya hingga H-2 Lebaran, sedikitnya sudah terjadi enam kali kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto (Jomo).

Kecelakaan rata-rata disebabkan oleh terjadinya pecah ban. Hanya satu kecelakaan di ruas tol Jomo yang disebabkan karena pengemudi mengantuk.

Hal itu diungkapkan ditegaskan Deputy Kepala Departemen Manajemen Pendapatan PT Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, Achmad Rifan Tsamany.

Baca: Gempa 4,8 SR Guncang Sumenep Madura

"Dari jumlah itu, alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Korban hanya mengalami luka ringan," ujar Rifan kepada Surya, Rabu (13/6/2018).

Rifan menjelaskan, untuk meminimalkan kecelakaan, pihaknya mengimbau kepala seluruh pengguna tol untuk memeriksa ban serta mengontrol kecepatan.

Karena, sambungnya, sebagian besar kecelakaan di tol Jomo tersebut disebabkan oleh pecah ban. Selebihnya, disebabkan karena sopir mengantuk.

"Kami juga mengimbau kepada pengguna tol Jomo yang lelah saat perjalanan, untuk beristirahat di 'rest area' yang sudah kami sediakan. Karena jika kondisi lelah tetap dipaksakan mengemudi bisa berakibat fatal," kata Rifan mengimbau.

Baca: Amien Rais Bakal Nyapres, Yusril Ihza Mahendra Ungkit Masa Lalu, Bongkar Caranya Menangkan Gus Dur

Menurut Rifan, PT Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto sebagai pemegang hak konsesi tol Jomo sudah melakukan langkah atisipasi untuk memperkecil kecelakaan.

Diantaranya, menyiapkan tiga unit mobil pelayanan lalu lintas (yanlalin) yang berpatroli di ruas tol Jombang-Mojokerto selama 24 jam.

Kemudian menyediakan empat mobil derek, satu unit mobil rescue, serta dua unit ambulans.

"Dan selama mudik lebaran, ada satu unit ambulans yang standby di rest area KM 678 A dan KM 695 B," terang Rifan.(Surya/Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help