Investasi Rp 1,3 Triliun, Pelindo III Lakukan Groundbreaking Dermaga Terminal Gilimas Lombok

Pelindo III melakukan groundbreaking dermaga kapal pesiar dan peti kemas pada Terminal Gilimas di Kabupaten Lombok Barat.

Investasi Rp 1,3 Triliun, Pelindo III Lakukan Groundbreaking Dermaga Terminal Gilimas Lombok
Istimewa
Pelindo III melakukan groundbreaking dermaga kapal pesiar dan peti kemas pada Terminal Gilimas di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pelindo III melakukan groundbreaking dermaga kapal pesiar dan peti kemas pada Terminal Gilimas di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Nilai investasi bertahap dari pengembangan multipurpose terminal (terminal multifungsi) untuk layanan kapal pesiar dan kapal peti kemas sekaligus tersebut mencapai Rp 1,3 triliun.

"Terminal Gilimas dibangun sebagai pengembangan Pelabuhan Lembar menandakan perekonomian wilayah NTB mengalami tren pertumbuhan positif dan menjadi gerbang pariwisata internasional yang modern bagi Pulau Lombok khususnya," kata CEO Pelindo III Ari Askhara, pada seremoni groundbreaking tersebut, Kamis (5/7/2018).

Baca: Semen Indonesia Maksimalkan Pasar Ekspor dengan Buka Market Baru di Sejumlah Negara

Ia menjelaskan, tren bobot (ukuran) kapal pesiar internasional yang semakin besar dan membawa ribuan wisatawan perlu diantisipasi dengan menyiapkan infrastruktur yang memadai.

Karena itu, menurutnya, Pelindo III membangun Terminal Gilimas dengan proyeksi agar siap mengakomodir kebutuhan di masa depan.

"Dermaga yang akan dibangun sepanjang 440 meter dan lebar 26 meter dengan kedalaman kolam pelabuhan yang mencapai -14 meter LWS (low water spring atau rata-rata permukaan air)," kata Ari.

Baca: Pasca Lebaran, Tren Gadai Barang Emas hingga Perabotan Elektronik Mulai Bergeliat Kembali

Dimensi tersebut, lanjutnya, akan siap untuk disandari cruise dengan panjang badan kapal mencapai 400 meter yang mampu membawa hingga 4.000 penumpang atau dua cruise sekaligus untuk yang berukuran lebih kecil.

"Sementara Terminal Penumpang Modern Gilimas memiliki kapasitas sekitar 1.500 orang," imbuh Ari.

Yuk subscribe YouTube Channel TribunJatim.com

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved