Pilgub Jatim 2018

Pleno Rekapitulasi KPU Bojenegoro, Khofifah Emil Menang dari Gus Ipul

Paslon Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansah-Emil Listianto Dardak dinyatakan unggul dari paslon Syaifullah Yusuf-Puti

Pleno Rekapitulasi KPU Bojenegoro, Khofifah Emil Menang dari Gus Ipul
istimewa
Rekapitulasi Perhitungan surat suara Pilgub Jatim dan Pilbup Bojonegoro oleh KPU Bojonegoro 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Pasangan calon (Paslon) Gubernur Jatim, nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansah-Emil Listianto Dardak dinyatakan unggul dari paslon nomor urut dua, Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, berdasarkan pleno rekapitulasi perhitungan surat suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, di kantor KPU setempat, Kamis (5/7/2018).

Hasil hitung dari 28 Kecamatan tersebut menunjukkan, Khofifah Indar Parawansah-Emil Dardak Listianto meraih 398.617 suara. Sedangkan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur memperoleh 351.556 suara.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Abdim munib mengatakan, rekapitulasi perhitungan surat suara telah selesai dilakukan, hasilnya Khofifah-Emil dinyatakan unggul dari Gus Ipul-Puti.

Baca: Khofifah-Emil Menang, Saksi Gus Ipul-Puti Tolak Tandatangani Rekapitulasi KPU Jombang

Rekapitulasi tersebut merupakan hasil hitung dari 28 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bojenegoro.

"Khofifah Emil dinyatakan menang, hasil rekapitulasi menunjukkan demikian," ujar Munib kepada wartawan.

Dia menjelaskan, dalam prosesnya, pihak KPU membacakan berita acara hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan, meliputi daftar pemilih, pemilih hadir, suara sah dan suara tidak sah.

Sejumlah saksi dari masing-masing pasangan calon dari Gubernur dan Wakil Gubernur juga ikut hadir menyaksikan hitungan tersebut.

Bahkan, saksi dari pihak Pilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro juga hadir, karena proses hitung dilakukan bersama.

"Khofifah-Emil unggul dari Gus Ipul-Puti, untuk jumlah total surat suara yang digunakan sebanyak 799.972. Rinciannya, 750.173 suara sah dan 49.799 suara tidak sah," terangnya.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap pada Pilgub di Bojonegoro 1.026.229. Dengan jumlah surat suara yang digunakan 799.972, maka tingkat ketidakhadiran yaitu 226257.

Baca: Istri Pelaku Bom, DR Masih Diperiksa di Polres Pasuruan

Pihak KPU juga menghitung angka partisipasi masyarakat pada Pilgub yaitu sebesar 77,9 persen, angka tersebut di atas dari yang ditetapkan yaitu 77,5 persen. Pada partisipasi pemilu sebelumnya yang hanya tercatat 75 persen.

"Partisipasi pemilih pada Pilgub naik, ini bagus karena masyarakat tahu akan pentingnya suara dalam berdemokrasi," pungkasnya.(nok)

Penulis: M Sudarsono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved