Pileg 2019

Kades yang Daftar Caleg Akan Diawasi dan Dipelototi Khusus Panwaslu

Keinginan para kepala desa jadi wakil rakyat disikapi serius Panwaslu dengan memelototi khusus mereka.

Kades yang Daftar Caleg Akan Diawasi dan Dipelototi Khusus Panwaslu
Pileg 2019 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Caleg) dalam Pileg 2019 di Kota Batu ternyata juga diminati oleh Kepala Desa di Kota Batu.

Namun, Panwaslu Kota Batu masih belum memastikan jika ada Kepala Desa yang mendaftar sebagai Bacaleg untuk Pileg 2019.

Tetapi ia hanya mendengar desas desus akan ada Kepala Desa yang ikut mendaftar. Hal itu dikatakan oleh Ketua Panwaslu Kota Batu Abdurrochman.

"Masih belum tahu loh ya siapa. Cuma dari desas desusnya ada. Kepala Desa di Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Junrejo," katanya, saat dihubungi, Selasa (10/7/2018).

Tetapi dalam hal ini juga diawasi oleh Panwalu Kota Batu. Karena dalam UU Pemilu 2019 tidak mengatur secara detail tentang Kepala Desa yang akan mengikuti dan mendaftar sebagai Bacaleg.

Pihaknya tetap mengawasi pendaftaran itu. Dikatakannya, kepala desa yang akan ikut diajang pesta Pileg 2019 mengikuti peraturan dari UU Pemerintah Desa.

"Saya lupa persis apa isinya, tapi karena tidak diatur dalam UU Pemilu 2019 mengikuti UU Pemerintah Daerah. Di mana isinya Kepala Desa tidak boleh berpolitik. Kalau berpolitik harus memilih salah satu," imbuh Rochman, yang juga mantan guru SMKN 3 Batu itu.

Selain itu, Kepala Desa juga diberi keringanan memilih jabatan atau mengikuti proses selama Pileg sampai ditetapkannya menjadi Daftar Calon Tetap (DCT).

Artinya, jika kepala desa itu memilih untuk tetap mengikuti serangkaian proses Pileg 2019, saat diumumkan terpilih menjadi DCT, maka ia harus memilih.

Sebelumnya, pihak Panwas juga mengirimkan rekomendasi ke pemerintah yang berada di atas Kepala Desa.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help