Berdayakan Panganan Lokal, Bupati Madiun Kaji Mabing Larang Keberadaan Snack Roti

Bupati Madiun Kaji Mabing melarang keberadaan Snack Roti untuk memberdayakan panganan lokal.

Berdayakan Panganan Lokal, Bupati Madiun Kaji Mabing Larang Keberadaan Snack Roti
SURYA/RAHADIAN BAGUS
Bupati Madiun, Kaji Mbing memilih panganan lokal sebagai hidangan atau suguhan di setiap acara di Pemkab Madiun. 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro memiliki cara unik untuk memberdayakan potensi lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Madiun.

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing ini meminta suguhan atau snack yang biasa disajikan dalam setiap kegiatan di lingkungan Pemkab Madiun tidak berbahan gandum.

"Begitu masuk di kantor bupati, jangan sampai ada roti. Karena itu terbuat dari gandum, dan itu tidak (diproduksi) ada di sini, gandum itu diimpor," tegas Kaji Mbing, saat menghadiri acara Cangkrukan Forkopimda Kabupaten Madiun dengan elemen ormas kepemudaan, Rabu (4/10/2018) malam.

Baru Delapan Hari Jadi Bupati Bangkalan, Ra Latif Langsung Copot Dirut RSUD Syamrabu

Kaji Mbing yang belum genap sebulan menjabat sebagai bupati ini ingin hasil bumi atau panganan lokal agar dijadikan suguhan dalam acara atau kegiatan di Pemkab Madiun. Misalnya, ketela, kacang, dan pisang yang diolah menjadi aneka ragam snack.

Dengan demikian, potensi lokal menjadi terangkat, sehingga kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Madiun juga semakin meningkat.

Ia juga berharap, masyarakat dapat menggali setiap potensi di wilayah masing-masing, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

"Pesan yang ingin saya sampaikan, masyarakat, khususnya pemuda harus bisa menggali potensi di wilayahnya masing-masing," katanya.

Wali Kota Pasuruan Setiyono Sempat Bernyanyi Bersama, Sebelum Ditangkap KPK

Pantauan di lokasi, dalam kegiatan pengarahan rencana kerja (renja) dan rencana stratrgis (renstra) di Ruang Eka Kapti gedung Pusat Pemerintahan (puspem) Kabupaten Madiun, Kamis (4/10/2018) snack yang disuguhkan kepada peserta berupa ubi rebus, kacang rebus, pisang rebus, dan lemet singkong.

Ditemui usai memimpin rapat pengarahan renja dan renstra, Bupati Kaji Mbing memang sudah memerintahkan agar menggunakan makanan lokal sebagai suguhan atau hidangan dalam setiap kegiatan Pemkab Madiun.

"Saya perintahkan langsung, dan otomatis sudah terdistribusikan ke bawah. Pak Camat itu, kalau saya ke sana tidak ada yang nyuguhi roti, coba tanya kalau tidak percaya," katanya, sambil tertawa.

Begitu juga dengan hidangan di ruang kerjanya, makanan dan buah-buahan di meja kerjanya berbahan dasar atau berasal dari hasil pertanian di Kabupaten Madiun. (Rahadian Bagus)

Wali Kota Pasuruan Kena OTT KPK, Begini Tanggapan Serius Gubernur Jatim Pakde Karwo

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved