KPK Anggap Aneh Pernyataan Amien Rais Soal Kasus Korupsi yang Mengendap

Febri menyarankan, agar Amien fokus pada pemeriksaannya sebagai saksi di Polda Metro Jaya terkait kasus penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet

KPK Anggap Aneh Pernyataan Amien Rais Soal Kasus Korupsi yang Mengendap
Kompas TV
Amien Rais 

TRIBUNJATIM.COM - Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais yang akan mengungkapkan fakta terkait korupsi yang lama mengendap ditangani KPK, dianggap Jubir KPK Febri Diansyah aneh.

Febri menyarankan, agar Amien fokus pada pemeriksaannya sebagai saksi di Polda Metro Jaya terkait kasus penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet, Rabu (10/10/2018) nanti.

"Saya kira mungkin akan lebih baik saksi yang dipanggil untuk datang dan fokus pada konteks perkara terkait. Fokus pada pokok perkaranya, agak aneh kalau tiba-tiba mengkaitkannya dengan institusi lain seperti KPK, misalnya," kata Febri di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Ia menjelaskan, apabila memang ada kasus korupsi yang dirasa mengendap atau tidak tuntas di KPK, Febri meminta Amien untuk menunjukkan bukti-bukti valid. Ia tak ingin pernyataan tersebut hanya sekadar klaim belaka.

Jelang HUT Kota Batu, Kepala Desa Diminta Aktif Hingga Diskon Tempat Wisata

"Jangan sampai kemudian hanya klaim bahwa di satu tempat ada korupsi, padahal tidak didukung oleh bukti yang valid, misalnya. Atau sebenarnya isunya bukan isu korupsi tapi isu pidana yang lain," kata Febri.

"Nah, kalau memang ada informasi dan bukti yang valid silakan saja disampaikan pada KPK. Kami pastikan akan melakukan telaah untuk semua laporan masyarakat yang masuk. Kalau ada buktinya akan diproses lebih lanjut," lanjut dia.

Di sisi lain, Febri mengingatkan agar seluruh pihak yang terlibat dalam Pemilu 2019 untuk tak menarik-narik KPK dalam pusaran politik.

"Karena kami tidak akan terpengaruh dengan upaya tersebut. KPK tetap independen dari aspek-aspek politik," ujarnya.
Sebelumnya Amien menuturkan bahwa setelah pemeriksaan terkait kasus Ratna Sarumpaet, ia akan mengungkapkan sebuah fakta terkait kasus korupsi yang ditangani oleh KPK.

Menurut Amien, kasus tersebut telah lama mengendap di KPK dan tak kunjung tuntas. Namun, ia tidak menjelaskan secara detail terkait pernyataannya tersebut. Setelah memberikan pernyataan, Amien memilih menyudahi wawancara dan masuk ke dalam mobilnya.

"Setelah itu saya akan membuat sebuah fakta yang Insya Allah akan menarik perhatian, yang ini hubungannya tentang penegakan hukum dan korupsi yang sudah mengendap lama di KPK akan saya buka pelan-pelan," kata Amien.

Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved