Gempa Sumenep

Ada Gempa Bumi di Wilayah di Sumenep, Nelayan di Gresik Tetap Melaut

Wilayah Jawa Timur, Kamis dini hari (11/10) terutama Kabupaten Sumenep, Situbondo, Jember dna skitarnya terkena gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.4 S

Ada Gempa Bumi di Wilayah di Sumenep, Nelayan di Gresik Tetap Melaut
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Para nelayan saat melaut. 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Wilayah Jawa Timur, Kamis dini hari (11/10) terutama Kabupaten Sumenep, Situbondo, Jember dna skitarnya terkena gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.4 SR.

Namun bagi nelayan di Pantai Lumpur Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik adanya bencana gempa bumi diJawa Tmur tersebut tidak begitu berpengaruh, mereka tetap melaut. Mereka mengaku tangkapan ikan sedang membaik.

Para Nelayan asal kabupaten Gresik itu tetap melaut untuk mencari ikan di wilayah laut Karangjamuang dan dekat jembatan Surabaya Madura (Suramadu).

"Tadi pagi sebelum jam dua saya merasakan ada gempa bumi," kata Mulyadi (48), saat akan berangkat mencari ikan di laut kepada TribunJatim.com, Kamis (11/10/2018).

Nyalip di Tikungan, Begini Kronologi Tewasnya Pedagang Ikan Terlindas Truk Gandeng di Tulungagung

Menurut Mulyadi, selama beberapa hari ini tangkapan ikan para nelayan sedang membaik, sehingga para nelayan nekat dan tidak takut walaupun sering terjadi gempa bumi di laut.

"Melaut adalah perjuangan mencukupi kebutuhan hidup istri dan anak. Jadi mencari ikan merupakan perjuangan," kata Zainul saat akan berangkat melaut.

Gempa bumi tersebut juga dirasakan masyarakat di wilayah Kota Gresik. Seperti yang dirasakan warga perumahan Graha Bunder Asri Kecamatan Kebomas merasakan adanya getaran di lantai dan benda-benda yang bergantungan.

"Tadi pagi merasakan gempa. Saya lihat gantungan pakaian di dalam lemari kaca bergerak-gerak sendiri. Saya juga merasakan adanya gerakan bumi," kata Shofia, warga Perumahan Graha Bunder Asri pada TribunJatim.com.

Gempa tersebut juga dirasakan Reni yang bekerja di Jl Panglima Sudirman Gresik, mengatakan terasa ada gempa bumi.

Dua Pentolan Suporter Arema FC Dilarang Masuk Stadion Manapun di Indonesia Seumur Hidup

"Tadi merasakan gempa bumi dan melihat benda-benda di sekitar juga ikut goyang-goyang," kata Reni.

Diketahui kabar gempa bumi dari website Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, bahwa gempa bumi terjadi di wilayah 61 KM Timur Laut Situbondo - Jawa Timur dengan kekuatan magnitudo 6.4 SR. Kejadian pada 11 Oktober 2018 pukul 01:44:57 WIB. Tidak berpotensi tsunami.

Daerah yang merasakan gempa yaitu Denpasar (III MMI / Modified Mercally Intensity), Karangkates (III MMI), Gianyar (III MMI), Lombok Barat (III MMI), Mataram (III MMI), Pandaan (III MMI), Sumenep (III-IV MMI), Situbondo (III-IV MMI) dan Jember (III MMI).

Daerah lain yang merasakan gempa yaitu Banyuwangi (III MMI), Lumajang (III MMI), Probolinggo (III MMI), Bondowoso (III MMI), Pasuruan (III MMI), Malang (III MMI), Sidoarjo (III MMI), Surabaya (III MMI), Gresik (III MMI), Mojokerto (III MMI) dan Nusa Dua (III MMI) Bali. (Sugiyono/TribunJatim.com)

Sumber : TribunJatim.com

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help