Rumah Politik Jatim

Peringati Hari Santri, Sandiaga Uno Akan Pawai Napaktilas Kebangsaan dari Jombang ke Surabaya

Cawapres Sandiaga Uno akan mengikuti pawai Napaktilas Kebangsaan dari Jombang ke Surabaya, untuk memperingati Hari Santri Nasional.

Peringati Hari Santri, Sandiaga Uno Akan Pawai Napaktilas Kebangsaan dari Jombang ke Surabaya
TRIBUNJATIM/BOBBY KOLOWAY
Pertemuan Badan Pemenangan Provinsi (BPP) pasangan Capresn dan Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Provinsi Jatim, Jumat (12/10/2018) malam di Graha Astranawa, Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Badan Pemenangan Provinsi (BPP) pasangan Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Provinsi Jatim akan memperingati Hari Santri Nasional.

Peringatan Hari Santri rencananya akan digelar dengan pelaksanaan pawai dari Kabupaten Jombang menuju kota Surabaya, Minggu, 21 Oktober 2018.

Ketua Harian BPP Prabowo-Sandi Wilayah Jatim Anwar Sadad mengatakan, pawai Hari Santri tersebut merupakan salah satu kesepakatan pada pertemuan, Jumat (12/10/2018) malam.

"Kami bersepakat untuk ikut menggelar peringatan Hari santri di Jawa Timur," ujarnya, ketika dikonfirmasi Sabtu (13/10/2018).

Menurut Sadad, Hari Santri Nasional yang diperingati secara nasional tiap tanggal 22 Oktober tak boleh dilepaskan spirit yang melatarbelakangi. Yakni, Resolusi Jihad Hadratussyaikh Hasyim Asyari, dari Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Resolusi Jihad ini berisi kewajiban bagi umat Islam untuk mempertahankan kemerdekaan RI dari serangan sekutu. Hal tersebut dilahirkan sebagai jawaban atas permintaan fatwa dari tokoh-tokoh nasional saat ini, yaitu Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo, dan tokoh-tokoh lainnya.

"Spirit Resolusi Jihad tersebut jangan sampai tergerus oleh Hari Santri yang disimbolisasi sebatas Sarung," kata  Sadad yang juga Ketua Dewan Pakar Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) ini.

Oleh karena untuk menjaga spirit tersebut, pihaknya akan menggelar pawai napaktilas kebangsaan bersama Cawapres Sandiaga Uno.

Pawai ini akan berupa iring-iringan kendaraan jeep, dimulai dari Jombang, dan berakhir di Tugu Pahlawan, Surabaya.

Rencananya, pawai tersebut akan melintasi beberapa pesantren yang menjadi saksi sejarah kelahiran Resolusi Jihad. Selain itu, di dalam rangkaian kegiatan tersebut, Sandiaga juga akan menyampaikan orasi kebangsaan.

"Tema orasi Mas Sandi adalah “Resolusi Jihad Kedaulatan Ekonomi”. Hal ini sebagai refleksi Hari Santri Nasional," pungkas Sadad yang juga Sekretaris DPD Gerindra Jatim tersebut.

Selain Sadad, hadir pada pertemuan ini di antaranya Soepriyatno (Ketua BPP Jatim/Gerindra), Basuki Babussalam (Sekretaris BPP Jatim/PAN), hingga Renville Antonio (Wakil Ketua BPP Jatim/Demokrat).

Kemudian, ada pula Achmad Rubai (Wakil Ketua BPP Jatim/PAN), Irwan Setiawan (Wakil Ketua BPP Jatim/PKS), Cucuk Sunario (Wakil Ketua BPP Jatim/Gerindra), serta Didi Junaidi (Wakil Ketua BPP Jatim/Berkarya). (Bobby Koloway)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved