Benahi Jalur Wisata ke Bromo, Pemkab Pasuruan Dapat Suntikan Bantuan Rp 35 Miliar

Benahi jalur wisata ke Gunung Bromo, Pemkab Pasuruan mendapat suntikan bantuan sebesar Rp 35 miliar.

Benahi Jalur Wisata ke Bromo, Pemkab Pasuruan Dapat Suntikan Bantuan Rp 35 Miliar
TRIBUNJATIM/GALIH LINTARTIKA
Jalan wisata menuju Gunung Bromo akan dibangun dan dilebarkan untuk memudahkan wisatawan yang akan berkunjung ke Bromo via Pasuruan. 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Pemkab Pasuruan akan memberikan perhatiannya khusus untuk jalur wisata Gunung Bromo di Kabupaten Pasuruan. Langkahnya dengan peningkatan jalur dari Tutur menuju Gunung Bromo.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto menyampaikan, pemerintah pusat akan memberikan bantuan keuangan besar untuk pembenahan jalan Tutur menuju ke Gunung Bromo.

“Support anggaran tersebut, untuk menunjang akses wisata ke Gunung Bromo,” ujarnya, Jumat (2/11/2018).

Menurut Hari, bantuan anggaran untuk pembenahan jalan setempat, dialokasikan tahun 2019. Ia mengestimasi, dananya mencapai Rp 35 miliar.

Dana miliaran rupiah itu, akan diproyeksikan untuk membenahi sekitar 8 km di jalur setempat.

“Kami belum bisa memastikan panjang maupun lebar yang akan dibenahi. Yang jelas, kurang lebih untuk panjangnya mencapai 8 km,” tukasnya.

Pembenahan itu nantinya, bakal berdampak terhadap wisata di Kabupaten Pasuruan. Terutama untuk jalur yang menuju wisata Gunung Bromo melalui Tutur. Mengingat, akan lebih memudahkan para wisatawan menuju Bromo.

Rencana pembenahan jalan Gunung Bromo melalui Tutur, mendapat respon positif dari Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan, Rusdi Sutejo. Pasalnya, kemudahan akses, akan mendorong peningkatan jumlah wisatawan ke Gunung Bromo.

“Khususnya wisatawan yang berangkat dari Kabupaten Pasuruan. Bukan tidak mungkin, kita bisa merebut tingkat kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo dari Probolinggo,” urainya.

Ia menegaskan, jalur Tutur akan melewati penanjakan. Seperti yang diketahui, penanjakan merupakan spot yang bagus untuk menyaksikan gunung Bromo. (Galih Lintartika)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved