Pelaksana Proyek Berjanji Beri Ganti Rugi, Demo Pembangunan Jalur Ganda KA di Jombang Dibatalkan

Rencana warga Desa Sumbermulyo, Jombang, untuk berdemonstrasi di lokasi proyek pembangunan jalur ganda (double track) KA dibatalkan.

Pelaksana Proyek Berjanji Beri Ganti Rugi, Demo Pembangunan Jalur Ganda KA di Jombang Dibatalkan
Kompas.com
ilustrasi ricuh. 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Rencana warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, untuk berdemonstrasi di lokasi proyek pembangunan jalur ganda (double track) KA di desa setempat, dibatalkan, Kamis (1/11/2018).

Pembatalan dilakukan menyusul adanya kesanggupan pihak pelaksana proyek, PT Prawira Mas (PM), untuk memberikan ganti rugi warga setempat yang terdampak proyek rel ganda ini.

Kesanggupan PT PM disepakati dalam pertemuan antara perwakilan warga, aparat desa, polisi, dan koramil setempat pada Rabu (31/10/2018).

Edi Sumitro, warga yang rumahnya terdampak proyek ‘double track’ mengatakan, sejak proyek rel ganda yang berada tepat di belakang rumahnya, membuat tembok rumahnya retak-retak.

Persiapan Mepet, Djadjang Nurdjaman Beri Skema Khusus untuk Latihan Persebaya Surabaya

Dia mengaku khawatir jika dibiarkan tembok yang retak tersebut membuat rumah roboh.

Pada pertemuan tersebut, PT PM sudah memberikan ganti rugi berupa uang kompensasi sesuai tingkat kerusakannya sehingga persoalan dianggap selesai.

"Retak karena getaran alat berat proyek rel. Tapi tadi malam sudah diberi ganti rugi Rp 1,25 juta, ditambah ongkos pembongkaran kandang sapi Rp 750 ribu. Total saya menerima Rp 2 juta,” kata Edi Sumitro kepada Surya, Kamis (1/11/2018).

Edi menuturkan, selain rumah miliknya, beberapa rumah lain juga mengalami hal serupa, namun karena belum dilaporkan, maka belum diberi ganti rugi.

Selain tembok rumah retak, warga juga mengeluhkan pembuangan tanah bekas galian proyek di pekarangan warga.

Fokus Lawan Persija Jakarta, Djanur Minta Pemainnya Lupakan Kekalahan dari Persipura Jayapura

Hal ini pun sudah disepakati oleh pelaksana untuk dilakukan pembersihan.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Ayu Mufihdah KS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved