Hadir di Kota Batu, Gus Ipul Ajak Masyarakat Jatim Berpartisipasi Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk

Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf mengatakan, laju pertumbuhan penduduk perlu mendapatkan perhatian serius.

Hadir di Kota Batu, Gus Ipul Ajak Masyarakat Jatim Berpartisipasi Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk
ISTIMEWA
Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (dua dari kanan) saat membuka South-East Asia Biennial Conference on Population and Health di Hotel Singhasari Resort, Kota Batu, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf mengatakan, laju pertumbuhan penduduk perlu mendapatkan perhatian serius dan masyarakat harus diajak untuk ikut berpartisipasi.

Gus Ipul, sapaan akrabnya menuturkan, apabila tidak diperhatikan dengan serius, laju pertumbuhan penduduk berdampak langsung bagi kehidupan keluarga, masyarakat dan ketahanan bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Gus Ipul saat membuka South-East Asia Biennial Conference on Population and Health di Hotel Singhasari Resort, Kota Batu, Kamis (8/11/2018).

Pemprov Jatim sendiri, kata Gus Ipul, berupaya untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, di antaranya melalui melakukan sosialisasi program keluarga berencana (KB) 2 anak cukup, mengatasi persebaran dan kepadatan penduduk melalui program transmigrasi dan pemerataan pembangunan lebih intensif di kawasan indonesia bagian timur.

Marak OTT Pungutan Liar di Jawa Timur, Polda Jatim Gencar Lakukan Sosialiasi

Selain itu, Pemprov Jatim juga melakukan peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pembangunan dan peningkatan fasilitas kesehatan, serta pemberian pelayanan kesehatan gratis.

Peningkatan mutu pendidikan juga dilakukan dengan menyediakan fasilitas pendidikan yang lebih lengkap dan merata di semua daerah, peningkatan kualitas SDM, dan penyediaan program pelatihan.

Yang terakhir, Pemprov Jatim juga berusaha melakukan peningkatan pendapatan yang rendah melalui optimalisasi peran bumn dalam kegiatan perekonomian, dan penyederhaan alur birokrasi dalam perizinan usaha guna mendorong kegiatan perekonomian.

“Dengan adanya acara seperti ini secara tidak langsung memberikan pemahaman kepada semua pihak, bukan hanya pemerintah untuk terus berpartisipasi dalam menekan angka pertumbuhan penduduk,” jelas Gus Ipul.

Munir, Pedagang Atribut Militer di Surabaya: Berjualan Sambil Mengedukasi Anak-anak Tentang Pahlawan

Pertumbuhan penduduk di Indonesia, kata Ketua PBNU ini juga mengatakan, pertumbuhan penduduk di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved