Jika Pelabuhan Kamal Tutup, Tidak Ada Alternatif Lain Selain Suramadu, Ini Komentar Pakde Karwo

Gubernur Jatim, Soekarwo menegaskan, Pemprov Jatim tidak akan memberikan subsidi kepada operator kapal penyeberangan Surabaya-Madura.

Jika Pelabuhan Kamal Tutup, Tidak Ada Alternatif Lain Selain Suramadu, Ini Komentar Pakde Karwo
TRIBUNJATIM.COM/AQWAMIT THORIK
Suasana kendaraan di Tol Jembatan Suramadu jelang peresmian pembebasan tarif, Sabtu (27/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jatim, Soekarwo menegaskan, Pemprov Jatim tidak akan memberikan subsidi kepada operator kapal penyeberangan Surabaya-Madura yang ada di Pelabuhan Kamal, Bangkalan, setelah digratiskannya Suramadu.

"Kalau ada perubahan tentang sesuatu pasti ada sesuatu yang lain yang berubah, itu sudah pasti, jadi tidak akan mungkin semuanya berjalan seiringan, penumpangnya tidak ada," kata Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, Kamis (8/11/2018).

BPWS Belum Ada Rencana Kembangkan Wilayah Pasca Penggratisan Jembatan Suramadu

Investor China, Korea dan Amerika Mulai Melirik Kawasan Suramadu

Sehingga, jika operator penyeberangan di Pelabuhan Kamal tutup menurut Pakde Karwo adalah suatu hal yang wajar karena adanya seleksi ekonomi.

Orang nomor satu di Jatim ini juga mengatakan, dengan ditutupnya Pelabuhan Kamal, dirinya tidak khawatir jika tidak ada jalur alternatif lain yang menghubungkan Surabaya-Madura ketika ada insiden di Jembatan Suramadu yang mengakibatkan arus lalu lintas terganggu, bahkan terhenti.

Polisi Siap Antisipasi Kriminalitas Pasca Digratiskannya Tol Jembatan Suramadu

Emil Dardak Sebut Pemerintah Perlu Pertahankan Pelabuhan Kapal Ferry sebagai Penyangga Suramadu

"Dulu prinsipnya saat pembangunan jembatan ini kan dijadikan empat jalur. Jadi jembatan itu ada empat jalur, yang paling kiri buat sepeda motor, padahal kan sebenarnya tidak ada tol untuk sepeda motor, jadi itu bisa dimaksimalkan ketika ada insiden," kata Pakde Karwo.

Untuk statusnya sendiri, saat ini Jembatan Suramadu menjadi jalan negara sehingga pemeliharaannya menggunakan dana APBN melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved