Jember Kini Miliki Kantor Bea Cukai

Kabupaten Jember kini ditempati Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Jember. Kantor Bea Cukai ini merupakan pi

Jember Kini Miliki Kantor Bea Cukai
sri wahyunik/surya
Pemusnahan rokok ilegal di Kantor Bea Cukai Jember 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Kabupaten Jember kini ditempati Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Jember. Kantor Bea Cukai ini merupakan pindahan dari kantor Panarukan, Situbondo.

Peresmian Kantor Bea Cukai Jember itu dilakukan, Jumat (23/11/2018) oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi.

Peresmian kantor baru itu dihadiri oleh sejumlah pejabat lembaga vertikal di Jember seperti Kantor Pajak dan Kantor Imigrasi Jember. Jajaran Muspida, antara lain Bupati Jember Faida, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, dan Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar juga menyaksikan peresmian kantor baru itu.

Kantor baru Bea Cukai Jember berada di Jalan Kalimantan 33, Jember.

"Kantor ini sebelumnya ada di Panarukan, Situbondo. Karena kebijakan baru, juga alasan strategis akhirnya dipindah ke Jember. Kenapa dulu ditempatkan di Panarukan, memang karena sejarahnya Bea Cukai itu mengatur perdagangan antar pulau, sehingga kantor Bea Cukai itu ada di setiap pelabuhan. Dan sekarang seiring kebutuhan strategis dan pengembangan ekonomi, sehingga dipindah," ujar Heru Pambudi kepada TribunJatim.com.

Pemusnahan Rokok Ilegal Tandai Peresmian Kantor Bea Cukai Jember

Menurut Heru, kegiatan ekonomi terus berkembang termasuk di wilayah timur Jawa Timur. Pertumbuhan usaha juga terus tumbuh.

"Pengusaha juga membutuhkan Bea Cukai, kalau ke Panarukan tentu jauh. Bisa-bisa jadi alasan tidak membayar cukai karena jauh. Sementara usaha terus berkembang. Jumlah pabrik rokok di Jember juga banyak. Kami bertugas memberikan servis kepada pengusaha, sehingga kami dekatkan," tegas Heru kepada TribunJatim.com.

Kantor Bea Cukai Jember membawahi wilayah kerja Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Terdapat 22 pabrik rokok di wilayah kerja Bea Cukai Jember dan dua kawasan berikat.

Ditanya Soal Alasan Gugat Cerai Gading Marten, Gisella Anastasia: Saya Tidak Mungkin Jelasin

Kawasan berikat itu ada di Kabupaten Jember. 11 dari 22 pabrik rokok itu berada di Kabupaten Jember, sembilan pabrik di Kabupaten Bondowoso, dan dua pabrik rokok di Situbondo.

"Keberadaan Kantor Bea Cukai di Jember ini juga kami harapkan mampu meningkatkan pelayanan dan pengawasan. Pelayanan ini tentunya berhubungan dengan tugas kami mencari revenue. Kami juga tingkatkan pengawasan, terutama untuk rokok ilegal serta barang kena cukai," tegas Heru kepada TribunJatim.com.

Heru berharap semua pihak di Jember, Bondowoso, dan Situbondo bisa memanfaatkan kehadiran Kantor Bea Cukai Jember tersebut. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved