Pemusnahan Rokok Ilegal Tandai Peresmian Kantor Bea Cukai Jember

Kantor Bea Cukai Jember memusnahkan rokok ilegal dan barang tegahan pos lalu bea, Jumat (23/11/2018).

Pemusnahan Rokok Ilegal Tandai Peresmian Kantor Bea Cukai Jember
sri wahyunik/surya
Pemusnahan rokok ilegal di Kantor Bea Cukai Jember 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Kantor Bea Cukai Jember memusnahkan rokok ilegal dan barang tegahan pos lalu bea, Jumat (23/11/2018).

Pemusnahan barang hasil penindakan itu sekaligus rangkaian peresmian Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C di Jember.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi memimpin pemusnahan barang hasil penindakan itu. Barang yang dimusnahkan terdiri atas 1.415.608 batang rokok ilegal senilai Rp 959 juta dan 1.572 item barang tegahan pos lalu bea.

Barang tegahan pos lalu bea itu antara lain berupa sex toys, kosmetik, dan obatan-obatan senilai Rp 124 juta.

"Pemusnahan ini sebagai bentuk akuntabilitas Bea Cukai kepada masyarakat. Pemusnahan rokok ilegal ini juga untuk menumbuhkan kepercayaan dari pengusaha, bahwa peredaran rokok ilegal terus kami perangi. Supaya ada kepastian hukum dan jaminan keamanan usaha untuk mereka," tegas Heru Pambudi kepada TribunJatim.com.

Melalui Postingan Maia Estianty, Melly Goeslaw Bocorkan Rossa Sedang Lamaran, Siapa Calonnya?

Heru mengakui rokok ilegal masih banyak beredar di masyarakat. Secara nasional, saat ini 7,05 persen rokok ilegal beredar di Indonesia. Bea Cukai terus menekan beredarnya rokok ilegal sampai di target 3 persen tahun 2019.

"Termasuk yang beredar di Tapal Kuda, termasuk di Jember ini. Peredaran rokok ilegal di Jember dan Tapal Kuda ternyata dari Pulau Madura. Karenanya, antar Kantor Wilayah Bea Cukai harus join opearasi untuk memberantas rokok ilegal ini," imbuh Heru kepada TribunJatim.com
.

Jika rokok ilegal diberantas, lanjut Heru, diharapkan pelaku usaha rokok legal bisa tumbuh.

Tumbuhnya pabrik rokok legal diyakini Heru akan menambah sumbangan pendapatan dari sisi cukai rokok.

Heru menambahkan pemusnahan barang hasil penindakan di Bea Cukai Jember turut menambah daftar panjang penindakan secara nasional oleh Bea Cukai.

Dukung Baiq Nuril Ajukan PK, Politisi PDIP Agatha Retnosari: Korban Pelecehan Tak Mudah untuk Lapor

Sampai bulan November 2018, Bea Cukai telah melakukan 15.752 penindakan dengan nilai hasil penindakan mencapai Rp 11,283 miliar yang didominasi oleh penindakan rokok ilegal sebanyak 4.997 kasus.

Bea Cukai Jember menindak sebanyak 32 kali yang terdiri atas penindakan di bidang cukai sebanyak 27 kali, dan tegahan barang kiriman pos sebanyak lima kali.

Pemusnahan barang hasil penindakan di Kantor Bea Cukai Jember diikuti antara lain oleh Bupati Jember Faida, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, juga Kepala Direktorat Jenderal Bea Cukai Wilayah Jatim II Agus Hermawan. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved