9 Menu 'Sepohon Pisang' di Hotel Santika Pandegiling Surabaya, Mulai Cake hingga Ayam Batang Pisang!

Di tangan Executive Chef Hotel Santika Pandegiling Surabaya, Ervin Triana, pisang disulap menjadi sembilan menu makanan yang unik.

9 Menu 'Sepohon Pisang' di Hotel Santika Pandegiling Surabaya, Mulai Cake hingga Ayam Batang Pisang!
SURYA/HABIBUR ROHMAN
Berbagai menu makanan berbahan pisang tersaji rapi di Kemangi Resto Hotel Santika Pandegiling Surabaya, Kamis (29/11/2018). Olahan ini tak hanya memanfaatkan buah, tapi sebagian memanfaatkan batang, daun dan bagian lain dari pisang. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Buah pisang memang lezat disantap buahnya saja.

Namun, siapa sangka, di tangan Executive Chef Hotel Santika Pandegiling Surabaya, Ervin Triana, buah berkulit kuning tersebut disulap menjadi sembilan menu makanan unik bernama 'Sepohon Pisang'.

Tak cukup bereksperimen dengan buahnya saja, Chef Ervin menggunakan bagian-bagian lain dari pohon pisang, mulai dari jantung, daun, batang, hingga tunasnya.

"Ide saya dapat karena di sebelah hotel ini ada kebun yang banyak pohon pisangnya. Saya lihat pemilik kebun hanya memanen buah pisangnya saja, sedangkan bagian lainnya dibiarkan. Saya berpikir bagaimana cara mengolah bagian-bagian lain tersebut. Saya coba-coba selama satu minggu, jadilah delapan menu makanan dan minuman," jelas Chef Ervin, Kamis (29/11/2018).

7 Manfaat Makan 2 Buah Pisang Setiap Hari, Satu di Antaranya Bisa Turunkan Berat Badan

Chef Ervin mengkreasikan delapan menu, sedangkan satu menu dibuat oleh Mariyono, Food and Beverages Service Hotel Santika Pandegiling.

Kesembilan menu tersebut adalah Rujak Batang Pisang, Cendol Daun Pisang, Sambal Pisang, Jungkut Ares, Cake Pisang, Keripik Jantung Pisang, Abon Bonggol Pisang, Ayam Batang Pisang, dan Energizer Frost.

"Semua menu mudah dibuat, karena batang pisang kan mudah lunak, yang terpenting adalah jenis pisangnya. Saya menggunakan jenis pisang sabah atau raja nangka. Kalau jenis pisang lainnya seperti ambon, hijau, susu, itu pahit. Batangnya juga rasanya getir," terangnya.

Untuk Ayam Batang Pisang, batang pisang yang digunakan adalah jenis raja nangka.

Lalu, ia padukan dengan ayam yang diberi bumbu merah, lalu dikukus.

Ketika dicicipi, ayam terasa manis, gurih, sekaligus pedas.

Awal Desember 2018, Hotel Santika akan Hadir di Kabupaten Gresik, Ada Harga Promo Mulai Rp 585 Ribu!

Halaman
123
Penulis: Delya Octovie
Editor: Ani Susanti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved