Natal dan Tahun Baru

Trafik Layanan Data XL Axiata Akan Naik Selama Tahun Baru, Banyak di Area Wisata Surabaya dan Medan

Trafik Layanan Data XL Axiata Akan Naik Selama Tahun Baru, Banyak di Area Wisata Surabaya dan Medan.

Trafik Layanan Data XL Axiata Akan Naik Selama Tahun Baru, Banyak di Area Wisata Surabaya dan Medan
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Seorang teknisi XL Axiata sedang mengecek BTS persiapan jelang libur akhir tahun 2018. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Trafik layanan data diprediksi akan mengalami kenaikan menjelang liburan Tahun Baru.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, berkaca pada tren tahun sebelumnya, trafik layanan data diperkirakan akan mengalami kenaikan pada malam Tahun Baru dan pada periode liburan panjang.

"Terutama layanan media sosial (medsos) dan instant messaging termasuk di dalamnya video streaming akan meningkat," katanya melalui keterangan resminya, Sabtu (22/12/2018).

Adapun area-area yang diperkirakan akan mengalami kenaikan trafik, adalah area-area wisata dan pusat keramaian di beberapa kota besar.

Fitur dan Pilihan Paket Layanan XL Home, Mulai Rp 349 Ribu Bisa Streaming Film hingga Game Online

Seperti di Carita, Bandung, Medan dan sekitaran Berastagi, Denpasar, Surabaya, Banjarmasin serta Makassar.

"Karena pelanggan makin aktif mengunggah foto dan video yang menunjukkan pengalaman berlibur dari kota atau lokasi yang menjadi tujuan wisata di media sosial yang dimiliknya," tuturnya.

Yessie menambahkan, pada periode liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2018 lalu, pelanggan XL Axiata banyak mengisi liburannya dengan mengakses layanan data melalui beragam sosial media.

"Secara rata-rata, akses ke medsos berbagai platform tahun lalu naik sebesar 15 persen, di mana di puncak malam Tahun Baru kenaikannya mencapai sekitar 60 persen. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70 persen," tambahnya.

Selama Libur Natal dan Tahun Baru, XL Axiata Perkuat Sinyal 4G LTE di Jalur Tol Trans Jawa

Namun, secara keseluruhan untuk periode Natal dan Tahun Baru kali ini, menurutnya untuk trafik layanan percakapan diperkirakan akan relatif stabil atau stagnan.

"Sementara layanan SMS akan meningkat sekitar 4 persen dan khusus untuk layanan data diperkirakan meningkat sekitar 15-20 persen," ujarnya.

Adapun hingga kini, jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 53,9 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 80 persen dari total pelanggan.

Hal ini didukung infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 116 ribu BTS termasuk lebih dari 78 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Indonesia serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. 

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved