PMI Cabang Jember Kuras Ratusan Sumur Terdampak Banjir

Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember menguras sumur warga terdampak banjir di Kecamatan Kencong dan Gumukmas, Jember

PMI Cabang Jember Kuras Ratusan Sumur Terdampak Banjir
sri wahyunik/surya
PMI Jember melakukan pengurasan sumur warga terdampak banjir 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember menguras sumur warga terdampak banjir di Kecamatan Kencong dan Gumukmas, Jember. Hingga Senin (7/1/2019), ada 315 unit sumur yang sudah dikuras kemudian diberi tawas, dan kaporit.

"Masih tersisa 25 unit sumur yang belum kami kuras yakni di Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas karena masih ada genangan air se-mata kaki. Kami menunggu air banjir benar-benar surut baru bisa dilakukan pengurasan, karena jika masih ada banjir di sekelilingnya percuma," kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki kepada Surya, Senin (7/1/2019).

Sumur yang dikuras berada di Desa Kraton Kecamatan Kencong, dan Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas. Petugas PMI menguras sumur terdampak banjir, kemudian memberinya tawas untuk membersihkan air sumur, lalu memberinya kaporit juga membersihkan dari bakteri.

Pengurasan, lanjut Zaenal, bisa dilakukan dalam satu hingga lima kali.

"Tergantung separah apa sumur terkontaminasi banjir," imbuh Zaenal.

Zaenal juga menegaskan, semua kegiatan pengurasan sumur oleh tenaga PMI itu dilakukan secara gratis.

Dua Pemuda di Pasuruan Nekat Curi Burung Love Bird Seharga Rp 40 Juta untuk Foya-foya

VIDEO: Polda Jatim Kantongi Identitas 145 Artis dan Model Terkait Prostitusi Online

Artis Vanessa dan Avriellia Datang ke Polda Jatim Lagi, Serahkan Barang Bukti Uang Tunai

"Kami tegaskan semua dilakukan secara gratis, tidak ada pungutan biaya sepeser pun," pungkas Zaenal kepada TribunJatim.com.

Diberitakan, akhir Desember lalu, banjir melanda Kecamatan Kencong akibat jebolnya tanggul sungai setempat. Banjir meluas sampai ke Kecamatan Gumukmas. Kawasan terparah terdampak banjir berada di Desa Kraton Kecamatan Kencong, kemudian Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas.

Banjir itu menggenangi ratusan rumah, dan ribuan warga mengungsi. Sumur warga pun tergenangi air banjir. Kini banjir sudah surut, dan warga sudah kembali ke rumah masing-masing. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember juga sudah menutup tanggul yang jebol. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved