Bumi Perkemahan Pacet Bakal Jadi Wisata Edukasi

Kabupaten Mojokerto bakal memiliki wisata baru berkonsep edukasi. Wisata baru ini berlokasi di daerah Pacet, tepatnya di Kawasan Bumi Perkemahan

Bumi Perkemahan Pacet Bakal Jadi Wisata Edukasi
danendra/surya
petugas tengah memberi makan rusa timor di Pacet Mojokerto, Senin (4/2) 

TRIBUNJATIM,COM, MOJOKERTO - Kabupaten Mojokerto bakal memiliki wisata baru berkonsep edukasi. Wisata baru ini berlokasi di daerah Pacet, tepatnya di Kawasan Bumi Perkemahan atau pintu masuk pendakian Gunung Pundak.

Surya berkesempatan untuk melihat lokasi wisata edukasi hari ini, Senin (4/2). Semilir embusan angin sejuk langsung menerpa kulit ketika berada di lokasi. Suara desis kumbang hutan juga terdengar bersahutan.

Tak hanya itu suara tetesan air yang beradu dengan bebatuan juga nyaring terdengar. Karena di lokasi wisata edukasi diapit oleh dua air terjun, yakni air terjun Slumprit dan Banyu Adem.

Panorama alam di sana juga tak kalah ciamik. Hamparan rumput hijau dan pohon pinus yang berjajar bakal memanjakan mata wisata.

Sementara itu, di lokasi wisata edukasi saat ini telah dihuni 50 rusa timor. Rusa timor merupakan satwa dilindungi.

Rusa timor tersebut didatangkan dari lokasi penangkaran di wilayah Nganjuk. Rusa tersebut ditangkarkan di sebuah kandang berupa pagar berukuran sekitar 25 meter x 25 meter.

VIDEO: BNNP Jatim Gagalkan Peredaran 18 Kg Sabu, Ada yang Dikemas dalam Bungkus Teh

Segera Dilantik, Khofifah Siapkan Program 99 Hari Pertama Kerja Sebagai Gubernur Jatim

Ramalan Zodiak Cinta Selasa, 5 Februari 2019: Pisces Terlalu Kepo, Scorpio Ditaksir, Aries Bingung

"Rusa Rusa ini di datangkan sejak tiga Minggu yang lalu. Lokasi penangkaran rusa ini akan dijadikan wisata edukasi," kata Koordinator Seksi Konservasi Pengembangan dan Pemanfaatan Hutan (KPPH) Tahura R. Soerjo wilayah Mojokerto, Adi Sutrisno, Senin (4/2).

Lebih lanjut dia menjelaskan, para wisatawan nantinya akan diberikan edukasi mengenai satwa langka ini. Selain itu, wisatawan juga bisa mengenal banyak jenis tumbuh-tumbuhan langka, salah satunya tumbuhan Arboretum (jenis tanaman pita).

"Rencananya wisata edukasi ini akan dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur sekitar Maret 2019. Untuk sementara ini kami melakukan sosialisasi kepada siswa Taman Kanak-Kanak, SMP, dan SMA," ucapnya kepada Tribunjatim.com.

Dia menambahkan, selain akan digunakan sebagai edukasi wisata. Penangkaran rusa timor dilakukan sebagai upaya konservasi. Sehingga tak selamanya rusa tersebut berada di edukasi wisata. Pihaknya bakal melepas liarkan satwa dilindungi ini, apabila berhasil mengembang biakannya.

"Sebelumnya Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Provinsi Jawa Timur melakukan pengkajian. Hasilnya, lokasi ini dinilai cocok untuk konservasi, karena serupa habitat aslinya," pungkasnya kepada Tribunjatim.com. (nen/Tribunjatim.com)

Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved