Rumah Politik Jatim

Keuntungan Khofifah Bertemu Gus Ipul Jelang Pelantikan

Pertemuan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Gubernur Jatim Terpilih, Khofifah Indar Parawansa merupakan simbol bahwa tensi rivalita

Keuntungan Khofifah Bertemu Gus Ipul Jelang Pelantikan
SURYA/BOBBY CONSTANTINE
Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul berkunjung ke rumah Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa, Minggu (10/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pertemuan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Gubernur Jatim Terpilih, Khofifah Indar Parawansa merupakan simbol bahwa tensi rivalitas kedua tokoh tersebut sudah turun pasca berkompetisi dalam Pilgub Jatim 2018.

Hal tersebut diungkapkan Peneliti Surabaya Survei Center (SSC) Surokim Abdussalam saat dihubungi TribunJatim.com, Senin (11/2/2019).

Selain itu, pertemuan ini akan mempunyai efek domino untuk Khofifah karena selama ini Gus Ipul selalu mendapatkan dukungan dari kiai sepuh dan struktural Nahdlatul Ulama (NU) yang kuat.

"Sejauh ini hubungan Bu Khofifah dengan kiai NU struktural kan belum harmonis akibat efek pilgub. Saya pikir dengan bertemu Gus Ipul itu bisa mencairkan situasi dan bisa jadi energi untuk memimpin jatim," kata Surokim kepada Tribunjatim.com.

Pertemuan tersebut, lanjut Surokim bukan hanya menguntungkan Khofifah di dalam struktural NU saja tapi juga untuk disuguhkan ke publik dan semua stakeholder untuk meraih simpati.

Sowan ke Kediaman Khofifah Indar Parawansa, Gus Ipul Disuguhi Duren Wonosalam yang Legit

Guru Jemput AA di Rumahnya, Ortu AA Tidak Izinkan Berangkat ke Sekolah, Ini Alasannya

Inilah Video Saat Mulan Jameela Besuk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng Surabaya

"Bu khofifah cerdas memainkan peran menjelang pelantikan. Ini panggung depan yang ciamik menurut saya, menunjukkan kedewasaan berpolitik," lanjutnya kepada Tribunjatim.com.

Hal itu penting, karena menurut Surokim, bekal terpenting untuk memimpin Jatim adalah harmoni, damai, guyub rukun dan bisa merangkul semua pihak.

"Nah kalau itu sekarang dipraktikkan Bu Khofifah itu sungguh langkah maju. Dan saya pikir semua motif serba mungkin termasuk motif pribadi dalam pertemuan ini, tapi kan selalu ada kepatutan dan kepantasan diruang publik," kata Surokim.

"Saya melihat masih dalam kerangka pertemuan beliau berdua berkontribusi positif untuk jatim dan akan bermakna untuk kondusivitas politik," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gus Ipul dan Khofifah akhirnya bertemu, Minggu (10/2/2019) malam di kediaman Khofifah di Jalan Jemursari VIII No 124.

Kedatangan Gus Ipul pukul 23.00 WIB itu disambut hangat oleh tuan rumah yang mengenakan kebaya warna kuning senada dengan baju taqwa Gus Ipul yang berwana coklat.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved