Pelindo III Rencanakan Investasi Rp 6,44 Triliun di 2019 untuk Pekerjaan Multiyears dan Proyek Baru

PT Pelindo III (Persero) di 2019 ini menyiapkan rencana investasi sebesar Rp 6,44 triliun untuk membiayai sejumlah proyek strategis.

Pelindo III Rencanakan Investasi Rp 6,44 Triliun di 2019 untuk Pekerjaan Multiyears dan Proyek Baru
Istimewa
Kegiatan operasional di anak usaha Pelindo III. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Pelindo III (Persero) di 2019 ini menyiapkan rencana investasi sebesar Rp 6,44 triliun.

Investasi tersebut dialokasikan perseroan untuk membiayai sejumlah proyek strategis di seluruh wilayah kerja di tujuh provinsi.

Beberapa proyek merupakan pekerjaan multi years (tahun jamak) dan sejumlah proyek baru.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, dari rencana investasi 2019 tersebut 84 persen atau sekitar Rp 5,4 triliun akan dialokasikan untuk proyek multi years dan 16 persen atau sekitar Rp 1,04 triliun untuk membiayai proyek baru.

“Pekerjaan investasi kami 2019 ini masih fokus pada penyelesaian pembangunan infrastruktur pelabuhan dan pendukungnya seperti akses jalan layang (flyover) yang menghubungan Terminal Teluk Lamong dengan jalan tol dan pembangunan Terminal Gilimas di Lombok Barat Nusa Tenggara Barat,” kata Doso Agung di sela-sela Rapat Kerja Pelindo III di Surakarta, Rabu (13/2/2019).

Investasi yang dilakukan Pelindo III akan berdampak bagi operasional pelabuhan, jalan layang Terminal Teluk Lamong misalnya, keberadaan jalan akses tersebut akan mengurai kemacetan yang saat ini seringkali terjadi di jalan akses menuju Terminal Teluk Lamong.

Dengan adanya jalan layang, jalan akses Terminal Teluk Lamong akan langsung terhubung dengan jalan tol Surabaya - Gresik.

Bersama Pelindo III, Pemkot Surabaya Sebar 15 Ribu Benih Ikan Nila di Sungai Kalimas

Pelindo I, II, III, dan IV Jalin Kesepakatan Bersama Terkait Sistem Integrasi Pelayanan Pelanggan

Tekan Biaya Listrik, Pelindo III Siapkan Pelabuhan Tanjung Perak Jadi Transhipment Port

“Contoh lain di Terminal Gilimas di Lombok Barat, NTB, dulu kapal pesiar tidak bisa bersandar di Pelabuhan Lembar (pelabuhan eksisting) karena kendala kedalaman alur dan kolam pelabuhan, para wisatawan kapal pesiar terpaksa menaiki kapal-kapal kecil untuk mencapai dermaga. Dengan adanya Terminal Gilimas ini kapal pesiar dapat langsung bersandar dan menurunkan wisatawan di terminal pelabuhan. Selain itu juga akan mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di NTB. Flyover Terminal Teluk Lamong dan Terminal Gilimas ini akan siap pada 2019 ini,” jelasnya.

Pelindo III juga menyiapkan beberapa pekerjaan baru di 2019 seperti pembangunan terminal LNG di Pelabuhan Tanjung Perak, pemasangan sejumlahshore power connection di sejumlah pelabuhan, dan modernisasi peralatan bongkar muat di sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III.

Doso mengungkapkan, setiap perencanaan dan pelaksanaan investasi di Pelindo III selalu berpegang teguh pada aturan dan prinsip tata kelola perusahaan.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved