Gubernur Khofifah Minta IWAPI Turut Sisir dan Berdayakan Wanita Tulang Punggung Keluarga di Pedesaan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki pesan khusus untuk para anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI)

Gubernur Khofifah Minta IWAPI Turut Sisir dan Berdayakan Wanita Tulang Punggung Keluarga di Pedesaan
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri HUT IWAPI ke 44, di Hotel Mercure Surabaya, Senin (11/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki pesan khusus untuk para anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang tengah memperingati hari ulang tahun ke 44.

Khofifah turt merayakan ulang tahun IWAPI di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Senin (11/3/ 2019).

Pada kesempatan itu, Khofifah minta para pengusaha wanita tersebut ikut menyisir para perempuan tak mampu yang menjadi tulang punggung keluarga, khususnya yang ada di pedesaan di Jawa Timur.

Menurutnya untuk bisa mengentaskan kemiskinan di Jawa Timur tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah provinsi Jawa Timur, melainkan juga bersinergi dengan organisasi masyarakat termasuk IWAPI.

(Demi Wujudkan Jatim Cettar, Khofifah Indar Parawansa Ajak OPD Kenali 4 Jenis Staf)

(Jalanan Rusak, Khofifah Minta Pehutani Perbaiki Jalan Hutan Budidaya Porang di Kabupaten Nganjuk)

"Angka kemiskinan di pedesaan kita paling tinggi di Pulau Jawa yakni 15,1 persen, dan ini jauh di atas rata-rata nasional. Saya merekomendasikan IWAPI berkenan blusukan ke desa-desa dan melakukan pendampingan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," kata Khofifah.

Mantan Menteri Sosial di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo ini mengatakan, IWAPI bisa ikut berperan mengajak kepala keluarga perempuan yang kurang mampu untuk mengikuti program pemberdayaan ekonomi.

IWAPI bisa menyalurkan pelatihan peningkatan ekonomi keluarga kepada para perempuan yang sehari-harinya bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

"Kalau perempuan dengan perempuan kan tahu habitnya, tahu kemungkinan feelingnya, tahu di saat-saat mana proses pelatihan skill wirausaha ini bisa dilakukan terutama bagi kepala keluarga kurang mampu," kata Khofifah.

Selain itu Khofifah juga mengajak IWAPI untuk ikut menyasar warga di pedesaan untuk mengikuti kejar paket A, B maupun C.

Tujuannya agar ke depan mereka bisa mendapatkan keterampilan dan pendidikan yang cukup untuk mencari kerja yang lebih layak.

(Gubernur Khofifah: Pesantren Berperan Penting dalam Penguatan Kualitas IPM di Jatim)

(Pemilu Tinggal 39 Hari Lagi, Gubernur Jatim Khofifah Ingatkan Kemungkinan Munculnya Konflik Sosial)

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved