Dikunjungi Dubes Tiongkok, Gubernur Khofifah Minta Ditransfer Teknologi Mawar Tak Berduri ke Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ingin ada transfer teknologi dari Tiongkok untuk pengembangan mawar tak berduri di Jawa Timur.

Dikunjungi Dubes Tiongkok, Gubernur Khofifah Minta Ditransfer Teknologi Mawar Tak Berduri ke Jatim
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian yang datang berkunjung ke Gedung Grahadi, Selasa (12/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ingin ada transfer teknologi dari Tiongkok untuk pengembangan mawar tak berduri di Jawa Timur.

Pasalnya hal itu sudah menjadi mimpinya sejak empat belas tahun yang lalu. 

Hal itu ia sampaikan khusus pada Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian yang datang berkunjung ke Gedung Grahadi, Selasa (12/3/2019).

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu mengatakan, ia beberapa kali berkunjung ke Tiongkok di tahun 2003 hingga 2006 lalu.

Tepatnya saat ia mendaptkan tugas dari KH Abdurrahman Wahid untuk belajar tentang pengentasan kemiskinan. 

Bulan Ini, Tunjangan Untuk Penghafal Alquran dan Bosda Madin Siap Dicairkan Gubernur Khofifah

Jalanan Rusak, Khofifah Minta Pehutani Perbaiki Jalan Hutan Budidaya Porang di Kabupaten Nganjuk

Saat itu ia diajak untuk mengunjungi berhektar-hektar area pertanian yang ditanami satu jenis tanaman yaitu bunga mawar.

"Warna mawar itu tidak bisa saya temukan di Indonesia. Mawarnya satu warna, peach begitu.  Dan ternyata itu adalah warna tren dunia. Jadi kalau warna tren dunia saat ini peach ya ditanam peach, kalau purple (ungu) ya ditanam ungu," kata Khofifah. 

Menugubah warna sesuai tren dunia di Tiongkok adalah suatu teknik yang mudah dilakukan di negeri Tirai Bambu itu. Hal itu menarik perhatian Khofifah. 

Tidak sampai di sana, teknologi pengembangan bunga mawar di Tiongkok  juga cukup canggih.

Bahkan bunga mawar di sana sudah bisa dijadwal kapan bisa mekar, di tanggal apa, waktu apa. Dan semua mawarnya sudah tanpa duri. 

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved