Percepat Pencetakan KTP - elektronik, Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Kirim Berkas ke Jakarta

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan masih memiliki tanggungan sekitar 70 ribu Kartu Tanda Penduduk (KTP)-el

Percepat Pencetakan KTP - elektronik, Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Kirim Berkas ke Jakarta
Tribunnews.com
E-KTP 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan masih memiliki tanggungan sekitar 70 ribu Kartu Tanda Penduduk (KTP)-el yang belum tercetak.

Ini merupakan tanggungan dulu yang belum terselesaikan sampai sekarang. Dari data penduduk yang ada di Kabupaten Pasuruan dan wajib memiliki KTP-el jumlahnya mencapai 1.421.434.

Nah, 70 ribu ini yang terkendala belum dicetak selama ini. Kendalanya bermacam - macam. Mulai distribusi bahannya yang mengalami keterlambatan, banyaknya tanggungan dan mesin cetaknya yang kurang memadai dan masih banyak lagi.

Untuk itu, kini Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan berkomitmen menuntaskan tunggakan ini. Sesuai instruksi Bupati Pasuruan, Dispendukcapil akan mempercepat penyelesaian tunggakan masa lalu ini.

"Kalau tidak segera diselesaikan pasti akan menumpuk. Apalagi, setiap harinya, orang yang sudah wajib memiliki KTP-el semakin bertambah. Makanya, ini kami kebut terus," kata Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko kepada Tribunjatim.com, Jumat (15/3/2019).

Ulah Nakal Supporter, Arema FC Didenda Rp 125 Juta

Pak Guru SMA Pacari Siswinya, Ditangkap Polisi Gara-gara Foto Syur Sang Murid Tersebar Luas

Pria Wonokromo yang Kena PHK ini Bekerja di PLN Selama 16 Tahun, Dapat Pesangon Hanya RP 75 juta

Yudha, sapaan akrabnya, menyadari, jika tidak ada upaya percepatan, tunggakan ini tidak akan selesai dan berkas baru sudah menumpuk semakin banyak. Untuk itu, ia tidak hanya mencetak KTP-el di sini.

Ia menyebut, untuk menyelesaikan percepatan pencetakan tunggakan KTP-el ini, pihaknya meminta bantuan perum jasa percetakan di Jakarta. Tujuannya, untuk mempercepat.

"Kalau mengandalkan hanya di Pasuruan tidak akan pernah tuntas. Di sini mesinnya sedikit jumlahnya banyak. Makanya, kami putuskan 45 ribu KTP-el dicetak di Jakarta, dan sisanya di sini," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Menurut mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Pasuruan ini, sisanya sekitar 25 ribu KTP-el dicetak di Pasuruan. Nah, sembari mencetak tunggakan, di sini juga bisa melayani permohonan pencetakan KTP-el yang di luar tunggakan.

"Jadi biar sama - sama jalan. Harapan kami, masyarakat Pasuruan bisa mengantongi identitas ini. Kenapa, karena KTP-el sifatnya penting, mengurus apa - apa harus ada KTP-el. Kami akan maksimal, agar pelayanan kepada masyarakat juga maksimal, dan semuanya bisa membawa identitasnya," pungkas dia. (lih/Tribunajtim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved