Kupas Potensi Lokal, Bupati Pasuruan Gus Irsyad Fokuskan Program Branding Durian untuk Wilayahnya

Menjelang enam bulan menjabat sebagai Bupati Pasuruan, Gus Irsyad terus berinovasi dalam memajukan Kabupaten Pasuruan.

Kupas Potensi Lokal, Bupati Pasuruan Gus Irsyad Fokuskan Program Branding Durian untuk Wilayahnya
SURYA.CO.ID/GALIH LINTARTIKA
Bupati saat membuka acara gathering durian, Sabtu (16/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Menjelang enam bulan menjabat sebagai Bupati Pasuruan, Gus Irsyad, sapaan akrab Bupati Pasuruan terus berinovasi dalam memajukan Kabupaten Pasuruan.

Salah satunya, Pemkab, terus mengupas potensi yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Tak hanya dikupas, potensi ini dibranding, dipublikasikan dan disebarluaskan.

Satu di antara potensi yang sedang digarap serius adalah durian. Kabupaten Pasuruan, kaya akan potensi buah - buahan termasuk durian.

Di Kabupaten Pasuruan, buah durian ada beberapa varian macam.

Mulai dari durian bajul, kasmin, karim, emas, daler, klawu, kunir dan sebagainya. Sekadar diketahui, luas lahan durian mencapai 827.71 hektar dan tersebar di beberapa kecamatan seperti Purwodadi, Purwosari, Lumbang, Sukorejo, Pasrepan, Tutur, Puspo dan Prigen.

Percepat Pencetakan KTP - elektronik, Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Kirim Berkas ke Jakarta

Setiap tahunnya, hasil produksi durian di Pasuruan bisa mencapai 88.205 ton.

"Kami akan garap serius potensi durian di Pasuruan. Ini sedang kami siapkan brandingnya agar lebih banyak dikenal orang," kata Gus Irsyad saat hadir dalam acara Gathering Durian dan Parrot Lovers di Cafe and Resto D'gunungan The Taman Dayu Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (16/3/2019) sore.

Dalam acara ini, sejumlah komunitas mobil seperti Pajero, Mini Cooper, X-pander dan komunitas mobil lainnya dari sejumlah kota dan kabupaten di luar Pasuruan juga diundang.

Acara juga dihadiri jajaran Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) se-Kabupaten Pasuruan.

"Potensi durian di Pasuruan sangat melimpah. Kami ingin durian Pasuruan juga dikenal di tingkat nasional, syukur - syukur kalau bisa sampai internasional," tambah dia.

DPRD Kabupaten Pasuruan Desak Pemkab Untuk Segera Mengisi Jabatan Kadis Yang Kosong

Menurutnya, dalam hal ini, Pasuruan sudah bisa membranding mangga alpukat, kopi dan sejenisnya. Ia menyebut, pihaknya akan terus mempopulerkan durian Pasuruan. Ia mengklaim, durian Pasuruan memiliki cita rasa khas Pasuruan.

"Silahkan datang ke Pasuruan, nikmati duriannya, saya yakin mereka pulang akan ketagihan. Durian di sini lebih manis, dagingnya tebal dan harganya dijamin tidam bikin kantong kering," jelasnya.

Pengelola Cafe and Resto D'gunungan, Doni menjelaskan, pihaknya sangat membuka kesempatan kepada Pemkab Pasuruan untuk mempromosikan di sini. Ia akan menerimanya dengan terbuka. Kata dia, D'gunungan juga menjadi spot wisata Pasuruan.

"Kami siap membantu mempromosikannya. Kalau misal buka stan durian di sini, kami siap membantu. Mudah - mudahan, kami bisa membantu memperkenalkan durian Pasuruan ke banyak orang," pungkas dia.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved