Mengaku Sebagai Anggota BIN, Pria di Mojokerto Tipu Mantan Kekasihnya, Uang Rp 8 Juta Amblas

Aries Ristanto (25) warga Desa Pungging Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto dan Yosi Indah Diarto (45) harus berurusan dengan polisi.

Mengaku Sebagai Anggota BIN, Pria di Mojokerto Tipu Mantan Kekasihnya, Uang Rp 8 Juta Amblas
TRIBUNNEWS
Ilustrasi penipuan 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Aries Ristanto (25) warga Desa Pungging Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto dan Yosi Indah Diarto (45) harus berurusan dengan polisi.

Pasalnya Aries dan Yosi melakukan tindak pidana penipuan, penggelapan, dan pembuat surat palsu KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Muhammad Solikhin Fery mengatakan, modus operandi tersangka dalam melakukan penipuan yakni mengaku sebagai anggota kepolisian yang bertugas di BIN (Badan Intelijen Negara).

Dengan mengaku sebagai BIN, tersangka meminta sejumlah uang kepada mantan kekasihnya.

"Tersangka meminta uang ke mantan kekasihnya sebesar Rp 8 juta," katanya, Sabtu (16/3/2019).

Polisi Bekuk Pelaku Teror Pamer Alat Kelamin di Mojokerto, Pelaku Kejar Korban Hingga 500 meter

Polisi Akui Masih Tunggu Laporan Nasabah Bank BRI di Mojokerto yang Saldonya Terkuras Rp 65 Juta

Fery melanjutkan, tersangka meminjam uang Rp 8 juta dengan dalih untuk membayar uang muka pembelian mobil. Namun, ternyata uang tersebut tidak digunakan untuk membayar uang muka pembelian mobil.

"Korban pun curiga karena uang tersebut tak digunakan sebagai uang muka pembelian mobil," lanjutnya.

Selanjutnya, korban melapor ke polisi. Selang beberapa hari polisi berhasil meringkusnya. Tersangka di ringkus di rumah kos di Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto Rabu (13/3/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Dalam penangkapan itu kami mengamankan barang bukti di antaranya sejumlah ponsel, struk penarikan uang, dan kartu KTP palsu. Rupanya tersangka juga membuka jasa pembuatan KTP palsu," tandasnya.

Kini ke dua tersangka telah dijebloskan di penjara Polres Mojokerto. Tersangka akan dijerat Pasal pasal 378 Sub 372 Jo 263 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved