Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Dua Kecamatan di Jember

Lebih dari 700 rumah terdampak banjir di Kabupaten Jember, Selasa (19/3/2019). Ratusan rumah itu berada di Kecamatan Wuluhan dan Tempurejo.

Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Dua Kecamatan di Jember
ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Banjir di Kraton, Tempurejo, Kabupaten Jember 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Lebih dari 700 rumah terdampak banjir di Kabupaten Jember, Selasa (19/3/2019). Ratusan rumah itu berada di Kecamatan Wuluhan dan Tempurejo.

Dari catatan yang dihimpun Surya, banjir melanda Desa Glundengan dan Tamansari Kecamatan Wuluhan, dan Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo.

Selasa (19/3/2019) siang, air masih menggenangi tiga desa tersebut. Sekretaris Desa Wonoasri Suharyono, kepada Surya, mengatakan, pasukan penanganan bencana sudah ditarik dari posko Balai Desa Wonoasri pada Senin (18/3/2019) malam.

"Namun malam harinya air datang lagi. Jadi sejak hari Minggu (17/3/2019) itu sudah tiga kali kiriman air datang. Minggu pagi, malam harinya, dan tadi malam. Siang ini air masih menggenangi halaman rumah-rumah warga," kata Suharyono, Selasa (19/3/2019) siang. Di desa ini, lebih dari 200 KK pemilik rumah terdampak banjir.

Banjir di Desa Wonoasri melanda sejumlah RW di Dusun Kraton. Seperti diberitakan Surya, banjir di kawasan itu beberapa kali sempat surut, namun debit banjirnya akan tinggi lagi jika mendapat kiriman air dari kawasan hulu. Hal ini terjadi karena setiap sore dan malam hari, sebagian besar kawasan Kabupaten Jember diguyur hujan.

Banjir juga melanda Desa Tamansari Kecamatan Wuluhan. Kapolsek Wuluhan AKP M Zainuri melaporkan, selain di Desa Glundengan, banjir di wilayah kerjanya juga melanda Desa Tamansari.

"Tamansari juga menggenang, sampai siang ini masih belum habis airnya," ujar Zainuri kepada Surya.
Pihaknya memantau situasi dan mendata berapa banyak rumah terdampak banjir di Desa Tamansari.

Curah Hujan Tinggi, Kabupaten Jember Kebanjiran Lagi, Genangan Air Setinggi Lutut Orang Dewasa

Batalnya Diskusi di Tuban, Rocky Gerung Sebut Ada Pemahaman yang Salah Tentang Konsep Demokrasi

Yenny Wahid Apresiasi Maruf Amin di Debat Cawapres 2019: Banyak yang Remehkan, Tapi Justru Memukau

Sementara untuk di Desa Glundengan, tepatnya di Dusun Sumberjo, sedikitnya 420 kepala keluarga (KK) terdampak banjir. Dari pantauan Surya, banjir melanda di sembilan RT di Dusun itu, yakni RT 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 40, 41, dan 42. Banjir di dusun itu melanda sejak Senin (18/3/2019) malam.

"Karena curah hujan tinggi, baik di kawasan hulu maupun di dusun setempat. Air sungai yang ada di Sumberjo meluap karena tidak bisa menampung debit air. Hampir tengah malam, personel gabungan menyisir lokasi juga membantu warga menyelamatkan barang berharganya," imbuh Zainuri.

Ketinggian air sekitar 1 meter. Rumah kemasuan air sampai setinggi 50 centimeter. Beberapa warga mengungsi di tempat yang lebih aman, juga tidak bisa tidur.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved